Cara Membuat Sup Miso Jepang yang Halal dan Enak

JABAR EKSPRES- Sup miso Jepang adalah sup tradisional Jepang yang terbuat dari kaldu dashi (dibuat dari kombu atau rumput laut kering dan katsuobushi atau serutan ikan cakalang kering) yang dicampur dengan pasta miso.

Pasta miso ini terbuat dari fermentasi kacang kedelai, gandum, atau beras dengan adanya jamur Aspergillus oryzae.

Sup miso Jepang sering disajikan dengan tambahan tofu, wakame (rumput laut), daun bawang, dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Sup ini memiliki rasa gurih dan harum dengan sedikit rasa manis.

Biasanya, sup miso disajikan bersama nasi hangat sebagai hidangan sehari-hari di Jepang.

Chef Hideki Fujiwara, seorang chef asal Jepang, membagikan resep untuk membuat sup miso yang lezat, harum, dan dengan cita rasa otentik Jepang yang juga halal.

 

Resep Sup Miso

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • Rumput laut masak
  • Katsuobushi (serutan ikan cakalang kering)
  • Pasta miso halal
  • Tofu
  • Wakame atau rumput laut kering
  • Daun bawang

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

  1. Untuk membuat kuah sup miso yang gurih secara alami, rebus rumput laut masak selama 30 menit dengan api kecil, jangan sampai mendidih (sekitar 70 derajat Celsius). Setelah dipanaskan, diamkan selama 30 menit dengan api kecil.
  2. Masukkan katsuobushi ke dalam air rebusan rumput laut, naikkan api dan tunggu hingga mendidih. Jika katsuobushi tidak tersedia, dapat menggunakan penyedap rasa atau kaldu sesuai selera.
  3. Setelah mendidih, saring katsuobushi dan sisihkan air rebusan untuk digunakan kembali.
  4. Masukkan pasta miso ke dalam air rebusan katsuobushi dengan api kecil, gunakan saringan agar pasta miso tidak menggumpal dan larut dengan baik.
  5. Setelah kuah miso mendidih, tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti tofu, rumput laut, dan daun bawang. Sajikan selagi hangat.

Sup miso dapat disantap bersama dengan nasi hangat sebagai menu sarapan yang lezat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan