Empat Sapi Kurban Disalurkan Pemkab Biak

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, telah menyalurkan bantuan berupa empat ekor sapi kurban kepada umat Islam dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha, tanggal 10 Zulhijah 1444 Hijriah.

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Haji Saifuddin, mengungkapkan bahwa total hewan kurban yang dikumpulkan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Hari Raya Idul Adha sebanyak 143 ekor, dan dari jumlah tersebut, empat ekor sapi merupakan sumbangan dari Bupati Herry Ario Naap.

Keempat sapi bantuan dari Bupati Biak langsung diserahkan ke Masjid Agung Baiturrahman, Masjid Baitun Nur, Masjid Al Hafidz Polres Biak, dan Masjid Al Amin Paling.

Sementara itu, mengenai pemotongan dan pembagian hewan kurban, Ketua Saifuddin menjelaskan bahwa hal tersebut akan sepenuhnya diatur oleh panitia hewan kurban dari masing-masing takmir masjid. Data penerima pembagian daging kurban akan disiapkan oleh pengurus takmir masjid terkait.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Agung Baiturrahman, Andi F. Madjadi, menyatakan bahwa panitia kurban Masjid Agung Baiturrahman menerima enam ekor hewan kurban dari Muslimin serta satu ekor sapi bantuan dari Bupati Biak Herry Ario Naap. Pemotongan hewan kurban dilakukan setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, dengan jumlah lima ekor sapi dan satu ekor kambing.

Pada waktu yang sama, tim veteriner dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor dan karantina pertanian setempat melakukan pengawasan terhadap pemotongan hewan kurban di beberapa masjid di Biak. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa hewan ternak yang disembelih sehat dan bebas dari penyakit.

Petugas pengawas pemotongan hewan di salah satu masjid di Biak menegaskan bahwa hewan kurban yang telah diperiksa telah memenuhi syarat kesehatan ternak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan