13 Manfaat dan Nilai Madu Hitam Bagi Kesehatan

JABAR EKSPRES – Meskipun madu hitam tidak memiliki rasa manis seperti madu biasa, namun memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Madu hitam diproduksi oleh lebah yang menghisap nektar dari bunga-bunga seperti mahoni, paitan, kaliandra, dan bunga karet singkong. Kandungan dan manfaat madu hitam sangat beragam.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr. Larry Brookes, seorang ahli biokimia, madu hitam mengandung beberapa zat penting seperti saponin, flavonoid, unsur chromium, zat alkaloid, dan hemoglobin.

Saponin bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga gula darah tetap stabil, dan mengurangi lemak. Flavonoid membantu mengurangi lemak tubuh, meningkatkan peredaran darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca juga : 5 Tips Diet Sehat untuk Tubuh Ideal Menurut Pakar Gizi UGM

Unsur chromium membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin dan menjaga metabolisme gula darah yang sehat. Zat alkaloid berperan sebagai agen anti-infeksi yang efektif dalam menyembuhkan peradangan dan memulihkan fungsi sel tubuh.

Sementara, Hemoglobin bisa membantu mengikat oksigen dalam tubuh, menjaga stamina dan vitalitas.

Selain itu, madu hitam juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti fruktosa, dekstrosa, sukrosa, maltosa, karbohidrat, nitrogen, pH, fosfor, besi, natrium, kalsium, kalium, vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin.

Mengkonsumsi madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut.

Manfaat dan Madu Hitam bagi Kesahatan

1. Sebagai suplemen untuk kesehatan tubuh, karena mengandung nutrisi yang kompleks dan dapat membantu menyembuhkan penyakit serta gejalanya.

2. Mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat, karena madu hitam memiliki sifat detoksifikasi dan mampu menetralisir zat purin yang menjadi penyebab utama asam urat.

3. Menurunkan kadar gula darah, karena madu hitam mengandung kadar glukosa rendah dan tinggi alkaloid, sehingga baik untuk mengontrol gula darah.

4. Menghilangkan flek hitam pada kulit dengan membantu melancarkan peredaran darah.

5. Membantu mengobati penyakit asma dan paru-paru, karena memiliki efek positif dalam pengobatan tradisional.

6. Memiliki sifat antibiotik alami yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi ringan seperti sesak napas, sakit tenggorokan, dan batuk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan