WNI Salat Idul Adha 1444 di KBRI Kuala Lumpur!

JABAR EKSPRES – Lebih dari 950 Warga Negara Indonesia (WNI) melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis. Menurut Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur, Yoshi Iskandar, jamaah yang hadir terdiri dari orang dewasa, muda, dan anak-anak, dengan tempat salat terpisah antara jamaah laki-laki dan perempuan. Mereka memadati berbagai ruangan seperti Aula Hasanuddin di lantai 1, selasar, lobi, basement, hingga halaman Kantor Perwakilan RI di Kuala Lumpur.

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Kurban di Palembang Tradisi Islami yang Terjaga

Yoshi menyatakan bahwa jumlah peserta salat Idul Adha kali ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang dibatasi karena pandemi COVID-19. Jumlah orang yang melaksanakan salat kali ini juga melebihi jumlah peserta salat Idul Fitri 1444 Hijriah sebelumnya yang berjumlah 750 orang.

Pada acara salat tersebut, Ustadz Amran Syarif dan Ustadz Dr. Asmulyadi bertindak sebagai imam dan khatib. Tema salat Idul Adha ini adalah “Meneladani Keluarga Ibrahim AS”.

Dalam khotbahnya, Ustadz Asmulyadi menjelaskan bahwa bulan Zulhijah identik dengan dua ibadah besar, yaitu ibadah haji dan Idul Adha. Dia juga menyampaikan kebahagiaannya atas kesempatan bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun ini, terutama bagi jemaah haji yang sebelumnya tertunda. Ustadz Asmulyadi mengingatkan bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Allah pasti memiliki hikmahnya, dan bagi orang yang bersabar, Allah akan memberikan pahala tanpa batas.

Dalam acara salat Idul Adha tersebut, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Malaysia, Hermono, serta istri dan jajaran KBRI Kuala Lumpur juga ikut serta. Mereka berkesempatan untuk bertemu dengan para WNI yang mengikuti salat, saling bersilaturahmi, berjabat tangan, mengucapkan selamat hari raya, dan mengabadikan momen dengan foto bersama, baik di dalam gedung maupun di halaman KBRI.

Baca Juga: Bantuan Sapi Kurban Presiden RI, Gubernur Gorontalo Serahkan di Kota Gorontalo

Melalui acara salat Idul Adha di KBRI Kuala Lumpur ini, terlihat semangat kebersamaan dan solidaritas umat Muslim Indonesia di luar negeri. Meskipun jauh dari tanah air, WNI tetap merayakan hari raya dengan penuh kegembiraan dan semangat. Acara ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara para WNI dan KBRI Kuala Lumpur, serta sebagai wadah untuk bersilaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan antar sesama umat Muslim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan