Ternyata Beras Merah Punya 5 Manfaat Baik untuk Kesehatan

JABAR EKSPRES – Selama ini, mungkin banyak orang yang terbiasa mengonsumsi beras putih sebagai sumber utama karbohidrat, namun ternyata beras merah di anggap punya manfaat lebih baik untuk kesehatan tubuh loh.

Perbedaan utama antara beras merah dan beras putih terletak pada lapisan kulitnya. Beras merah tidak memiliki kulit luar, sehingga memiliki warna merah yang khas.

Beberapa penelitian telah merekomendasikan beras merah untuk kondisi kesehatan tertentu dan cocok untuk mereka yang ingin mengadopsi gaya hidup sehat.

Baca juga : 5 Makanan Nikmat ini Diyakini Bisa Atasi Perut Buncit

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat beras merah dan cara memasaknya, seperti yang di kutip dari berbagai sumber.

Manfaat Kesehatan dari Beras Merah

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Biasanya, setelah mengonsumsi nasi, kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat. Namun, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah.

Dengan mengonsumsi beras merah, kadar gula darah tidak akan meningkat secara signifikan setelah makan.

Berdasarkan WebMD, mengonsumsi beras merah setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

2. Mendukung Diet Sehat

Bagi mereka yang memiliki masalah berat badan berlebih, menambahkan beras merah ke dalam menu harian bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beras merah tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga mengurangi massa tubuh.

Oleh karena itu, beras merah di rekomendasikan bagi mereka yang menderita obesitas.

3. Mencegah Overeating

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi di bandingkan dengan beras putih. Konsumsi beras merah dapat membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama.

Mengganti beras putih dengan beras merah secara otomatis akan membantu menjaga pola makan yang lebih terkendali.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi beras merah memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, yaitu sekitar 16-21% di bandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya secara rutin.

Selain itu, beras merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

5. Meredakan Peradangan Tubuh

Peradangan dalam tubuh dapat di sebabkan oleh senyawa radikal bebas. Mengonsumsi beras merah dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah terjadinya peradangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan