Buah Ini Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol, Bikin Idul Adha Aman Makan Daging

JABAR EKSPRES – Perayaan Idul Adha akan semakin meriah dengan acara makan bersama. Biasanya yang berkurban akan mengundang teman-temannya untuk menimkati santapan olahan daging kurban. Namun banyak yang takut karena resiko kolestrol bisa naik jika konsumsi banyak Daging. Tapi jangann kuatir karena kini ada buah yang ampuh turunkan kolesterol.

Ada penelitian yang menyebutkan satu buah ini sangat efektif menetralisir kadar kolesterol dalam darah. Ini karena kandungan dalam buah itu yang mampu menurunkan kolesterol.

Untuk kamu yang penasaran buah apakah yang hebat hingga bisa menghindarkan manusia terkena penyakit?. Buah ini adalah NANAS. Nanas memiliki kandungan bernama bromelain, yakni senyawa yang dapat memecah endapan kolesterol di arteri, sehingga mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dilansir dari laman halodoc, kolesterol tidak selalu jahat. Justru, keberadaan kolesterol diperlukan untuk membangun struktur membran sel, membuat hormon seperti hormon estrogen, testosteron, dan adrenal, serta membantu metabolisme bekerja secara efisien.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak dan timbunan lemak dalam darah dan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Namun keefektifan dari nanas sebagai penetralisisr kolestreol tentu saja tidak hanya dengan sekali penggunaan. Namun harus ditakar dengan ukuran tertentu dan konsisten.

Maksudnya adalah, tidak bisa hanya dengan sekali makan, akan langsung menurunkan kadar kolesterol seseorang. Namun harus dengan konsumsi rutin dan jumlah tertentu yang akan bisa membuat kolesterol terus stabil meski kita mengonsumsi daging dalam jumlah banyak.

Baca juga : Daging Sapi dan Kambing, Mana yang Banyak Mengandung Kolesterol?

Selain itu, untuk menjaga kadar kolesterol tidak naik selain rajin mengonsumsi nanas, juga harus memperhatikan pola makan dan cara pengolahan daging.

Daging yang diolah dengan benar, menggunakan bahan-bahan rendah lemak atau produk pengganti yang sehat bisa menghindarkan kolesterol naik. Misalnya mengurangi penggunaan gula dan garam berlebihan, memakai santan rendah lemak, minyak kanola, minyak biji bunga matahari dan yang lainnya.

Selain sebagai penetralisir kolesterol, Nanas juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan