Grab PHK 1000 Karyawan! Apa Alasannya?

JABAR EKSPRES- Grab Holdings Limited, perusahaan penyedia jasa transportasi dan pengiriman, mengumumkan pemutusan hubungan kerja terhadap 1.000 karyawan.

CEO Grab Holdings, Anthony Tan, menjelaskan bahwa perampingan ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan perusahaan.

Menurut Anthony Tan, berkat kontribusi semua pihak, Grab telah tumbuh pesat dan berada dalam posisi terbaik untuk meraih peluang pertumbuhan baru yang substansial.

Untuk mengoptimalkan peluang ini secara efektif, perusahaan perlu menggabungkan skala yang dimilikinya dengan eksekusi yang gesit dan penyediaan layanan dengan biaya yang lebih efisien.

Upaya efisiensi biaya tersebut bertujuan agar Grab dapat secara berkelanjutan menyediakan layanan yang lebih terjangkau, memperluas penetrasi pasar, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mitra pengemudi dan pedagang.

Anthony Tan juga mengakui bahwa perkembangan teknologi seperti AI generatif terus berkembang dengan cepat. Perubahan ini memerlukan adaptasi dan secara tidak langsung meningkatkan biaya modal agar tetap bersaing di industri.

Selama dua tahun terakhir, Grab Holdings telah konsisten mengelola biaya di semua area operasional dan meningkatkan efisiensi platform. Sebagai hasilnya, pendapatan perusahaan meningkat setiap kuartal sejak kuartal pertama 2022 dan menuju pencapaian breakeven (titik impas) Group Adjusted EBITDA tahun ini.

Restrukturisasi menjadi langkah berat namun penting bagi Grab untuk mengarahkan perusahaan ke masa depan dengan visi yang lebih jangka panjang.

Sebagai kompensasi, Grab Holdings menyediakan dukungan finansial, profesional, dan medis bagi karyawan yang terkena dampak. Dukungan ini termasuk pembayaran tunjangan pengakhiran hubungan kerja yang dihitung berdasarkan jumlah yang lebih besar dari setengah bulan gaji untuk setiap enam bulan masa kerja yang telah diselesaikan, sesuai dengan pedoman perundangan lokal.

Insentif dan hak cuti tahunan serta cuti hamil tetap akan diberikan, dan dukungan dalam transisi karir juga akan disediakan, seperti sesi pembinaan dengan profesional berpengalaman.

Keputusan ini diambil oleh Anthony Tan dan jajarannya dengan pertimbangan dan kehati-hatian. Saat ini, perusahaan akan fokus membantu rekan-rekan yang terkena dampak selama masa transisi ini dan memberikan dukungan.

Anthony mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada karyawan yang akan berpisah, atas waktu dan kontribusinya serta dampak positif yang telah mereka berikan dalam misi perusahaan. Ia akan selalu menghargai kontribusi mereka dan mengenang masa kebersamaan sebagai rekan satu tim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan