Novel Bamukmin Jadi Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024, Benarkah? Cek Faktanya!

JABAR EKSPRES – Nama Anies Baswedan menyita perhatian publik lantaran diisukan sudah mengantongi nama calon Wakil Presiden (Cawapres) yakni Novel Bamukmin.

Novel Bamukmin pun disebut-sebut akan mendampingi Anies Baswedan sebagai Cawapres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Isu Novel Bamukmin jadi Cawapres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang beredar di YouTube.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Disebut Cegah Anies Baswedan Maju Jadi Capres, Denny Indrayana Minta DPR Segera Mulai Pemakzulan

Awalnya, isu tersebut diklaim melalui video yang diunggah oleh kanal YouTube bernama BENTENG ISTANA.

Video tersebut diunggah dengan judul “Dideklarasikan Hari ini Novel Bamukmin resmi Jadi Cawapres Anies”.

Dalam thumbnail video tersebut terdapat foto Surya Paloh, Anies Baswedan, dan Novel Bamukmin yang tengah mengenakan blazer berlogo Partai Nasdem.

Kemudian narasi yang tertulis dalam unggahan video tersebut adalah sebagai berikut.

“CAWAPRES ANIES KEJUTKAN SEMUA PIHAK, PKS & DEMOKRAT LANGSUNG TARIK DUKUNGANNYA.”

Munculnya unggahan video berdurasi 8 menit yang mengklaim bahwa Novel Bamukmin sebagai Cawapres Anies Baswedan tersebut menghebohkan publik menjelang Pilpres 2024.

Pasalnya, Anies Baswedan menjadi salah satu sosok yang tengah disoroti publik menjelang Pilpres 2024 mendatang.

Lalu, apakah benar Novel Bamukmin maju sebagai Cawapres Anies Baswedan?
Dikutip JabarEkspres.com dari Turn Back Hoaxs, unggahan video yangmengklaim bahwa Novel Bamukmin maju jadi Cawapres Anies Baswedan adalah tidak benar atau hoaks.

Pasalnya, narator dalam video tersbeut hanya membacakan artikel lama dari situs berita Ayo Jakarta berjudul “Politikus Partai NasDem Mengaku Malu Soal Cawapres Anies Baswedan, Ada Apa?” pada 10 Juni 2023 lalu.

Adapun artikel tersebut memuat pernyataan politikus Partai Nasdem Bestari Barus.

Yakni ia mengaku malu karena partai politik yang berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak kompak dalam penentuan Cawapres Anies Baswedan.

Sedangkan berdasarkan hasil panelusuran, thumbnail dalam unggahan video tersebut adalah hasil editan.

Lantaran foto tersbeut ditemukan pada artikel milik Jawa Pos berjudul “NasDem: Pemberian Nama Yohanes Bukti Anies Tak Pernah Politisasi Agama” pada 28 Desember 2022.

Sementara itu, foto aslinya tidak terdapat Novel Bamukmin, foto tersebut menampilkan Anies Baswedan, Surya Paloh, dan Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan