Densus 88 Bongkar Polemik Al Zaytun, Benarkah Ada Hubungannya dengan NII KW 9?

JABAR EKSPRES – Kasubdit Kontra Radikal Densus 88 Anti Teror Polri, AKBP Budi Novijanto mengatakan bahwa ada hubungannya antara pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun dengan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW 9).

Densus 88 juga mengungkapkan bahwa dugaan terhadap ponpes Al Zaytun tersebut didapat dari penelitian dan pengakuan eks NII KW 9.

Seperti diketahui bahwa baru-baru ini ponpes Al Zaytun kembali disoroti lantaran kontroversinya, hingga Densus 88 pun buka mengungkap hal mengejutkan terkait Ponpes yang dipimpin Panji Gumilang tersebut karena terindikasi ada hubungannya dengan NII KW 9.

BACA JUGA: Terungkap Backing Ponpes Al Zaytun dan Panji Gumilang

Tidak hanya itu, Panji Gumilang pimpinan Ponpes Al Zaytun juga disebut-sebut sebagai pimpinan NII KW 9.

Lebih lanjut, Densus 88 membeberkan soal hubungan antara Al Zaytun dan NII KW 9.

di antaranya yakni ditemukannya ajaran yang dipraktikkan NII KW 9 yaitu dengan memobilisasi dana dengan mengatasnamakan ajaran Islam yang diselewengkan.

Kemudian pada ajaran NII KW 9 juga ditemukan adanya penafsiran ayat-ayat Alquran yang menyimpang.

Bahkan ditemukan juga ajaran NII KW 9 terkait paham takfiri atau menghukumi kafir kelompok-kelompok di luar NII KW 9.

Budi juga menegaskan bahwa berdasarkan pengamatannya, pelaku teror berasal dari intoleransi.

Selanjutnya, Budi mengatakan bahwa NII KW 9 tidak menggunakan cara teror yang melaksanakan aksinya seperti Jamaah Islamiah (JI).

“Di sini kita lihat bahwa pelaku teror berasal dari akar yang sama yaitu intoleransi.

Kemudian juga NII pragmatis atau NII KW 9 itu tidak menggunakan cara teror yang melaksanakan aksinya seperti disebut tadi,” katanya.

Akan tetapi, lanjutnya, Panji Gumilang pimpinan Al Zaytun melakukan cara dengan menyuburkan perekrutan calon-calon teroris dengan meletakan dasar-dasar NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Namun yang dilakukan Panji Gumilang adalah menyuburkan perekrutan calon-calon teroris dengan meletakan dasar-dasar militansi serta kebencian kepada NKRI,” kata Budi, dikutip JabarEkspres.com dari YouTube Padasuka TV pada Rabu, 21 Juni 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Budi pada saat mengisi seminar dengan topik “di Balik Polemik Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu” yang diselenggarakan oleh BEM UNUSIA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan