Dorong Kecamatan Kemang Jadi Kampung Batik, Pemkab Bogor Gelar Pelatihan

JABAR EKSPRES –  Dinas Koperasi UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bogor ajak masyarakat belajar membatik di Cahaya Village, Cipayung Datar, Megamendung, Rabu (21/6).

Pelatihan selama tiga hari itu bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan masyarakat dalam membatik guna mendorong terwujudnya Kecamatan Kemang menjadi Kampung Batik.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana menjelaskan, kegiatan pelatihan membatik ini dilakukan untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat bagaimana cara membatik tulis dan batik cap.

“Ketika mereka memiliki kemampuan membatik yang baik, selain dapat membuka peluang lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Juga dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat Kemang berperan aktif mengembangkan batik lokal dengan desain khas Kabupaten Bogor,”kata Asep kepada media.

Meskipun Kabupaten Bogor bukan pusat pengrajin dan penghasil batik, Sambung Asep, produk kerajinan batik di Kabupaten Bogor memiliki potensi yang dapat dikembangkan khususnya batik yang dituangkan dalam motif batik khas Kabupaten Bogor.

“Dengan memperhatikan filosofi dan sejarah Bogor seperti motif kujang, gunung salak, gunung pangrango, kampung urug, talas, hujan, setu dan tugu pancakarsa itu punya potensi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor, Halimatussadiyah Iwan mengatakan, di Kabupaten Bogor saat ini terdapat UMKM pengrajin yang membuka dan mengembangkan batik dan ecoprint.

Bahkan, kata dia, karyanya mendapat antusias yang baik dari konsumen dan para pecinta batik.

“Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat. Sehingga dapat mendorong kerajinan produksi batik di Kabupaten Bogor khususnya wilayah Kecamatan Kemang dapat berkembang dan bersaing dengan daerah lainnya,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Kemang, Rameni menyatakan, apresiasi atas dukungan Pemkab Bogor juga Dekranasda atas terselenggaranya kegiatan pelatihan keterampilan membatik kepada masyarakat Kecamatan Kemang.

“Ini kegiatan yang sangat bagus, selain dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam membatik. Juga menjadi sarana untuk meningkatkan sinergi juga silaturahmi. Ini juga kebanggan bagi kami, atas dorongan dan dukungan Pemkab Bogor menjadikan Kemang sebagai kampung batik,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan