8 Koin VOC yang Banyak Diburu Kolektor Uang Kuno, Segini Harganya

JABAR EKSPRES – Para kolektor uang kuno banyak yang memburu koin zaman VOC zaman penjajahan Belanda. Koin jenis ini termasuk yang langka dan sulit ditemukan, dan inilah yang menjadi incaran kolektor.

Semakin langka suatu uang kuno, harganya akan semakin tinggi di pasar. Selain uang kuno dari masa sebelum dan sesudah kemerdekaan Republik Indonesia, ternyata uang VOC juga menjadi favorit para kolektor uang kuno.

Menurut informasi yang diperoleh, uang koin VOC memiliki nilai yang sangat tinggi bagi para kolektor. Hal ini karena uang VOC diproduksi pada masa ketika Belanda masih menjajah Indonesia.

Koin VOC ini merupakan mata uang yang digunakan oleh Perusahaan Dagang Belanda di Indonesia pada abad ke-17 hingga abad ke-18.

Mata uang VOC terdiri dari koin perak dan tembaga yang diproduksi di Belanda dan kemudian dikirimkan ke Indonesia.

8 Uang Koin VOC Buruan Kolektor

Inilah beberapa jenis uang koin VOC yang kini sedang banyak dicari oleh kolektor uang kuno:

  1. Koin perak VOC 6 Stuiver

VOC 6 stuiver

Uang koin kuno VOC ini saat ini memiliki harga sekitar Rp850 ribu per kepingnya jika dijual.

  1. Koin perak VOC nominal 2½ Gulden

uang kuno 2

Koin perak dengan denominasi 2½ Gulden. Di masa lalu, uang koin perak kuno VOC ini digunakan untuk membeli barang-barang yang cukup mahal. Saat ini, harga koin kuno VOC ini sekitar Rp450 ribu per kepingnya.

  1. Koin perak VOC 1 Gulden

gulden

Koin perak VOC ini memiliki nilai nominal yang cukup besar pada zamannya. Biasanya digunakan untuk membayar upah pekerja dengan nilai yang tinggi.

Jika Anda memiliki koin kuno ini, harganya bisa mencapai Rp5,5 juta karena bahan yang digunakan dan permintaan yang tinggi di pasar.

  1. Uang Koin VOC pecahan 3 Stuiver

Nilai koin kuno VOC ini lebih tinggi dibandingkan dengan koin 2 Stuiver. Koin ini umumnya digunakan untuk membayar upah pekerja yang lebih tinggi.

  1. Koin VOC 2 Stuiver

Stuiver

Koin perak VOC dengan nominal 2 Stuiver. Koin perak ini biasanya digunakan untuk membayar upah pekerja atau pembelian barang-barang yang lebih mahal. Jika dijual, harga koin kuno VOC ini sekitar Rp150 ribu per kepingnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan