Tahap I PPDB Berakhir, Segini Jumlah Pendaftar di SMKN 1 Cimahi

JABAREKSPRES – Tahap satu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di Jawa Barat (Jabar) berakhir pada Sabtu 10 Juni 2023 lalu.

Di SMKN 1 Cimahi, jumlah pendaftar PPDB 2023 tahap satu lebih dari 1.600 siswa selama empat hari, sejak pendaftaran dibuka dari 6-10 Juni 2023.

“Jumlah pendaftar di SMKN I Cimahi sekira 1.612 baik online maupun ofline. Kalau dipersentasikan, 60 persen yang mendaftar oniline, 40 persen yang mendaftar langsung ke sekolah,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMKN 1 Kota Cimahi, Erwin M Pd, kemarin.

Lebih jauh  Erwin memaparkan, dari 1.600 pendaftar nantinya yang diakomudir sebesar 75 persen. Hal tersebut kata dia, dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) PPDB 2023.

“Kalau kita ambil 75 persen, berarti yang tertampung sekira 300 hingga 350 pendaftar untuk PPDB Tahap I ini. Nanti sisanya di tahap II,” sebutnya.

Sedangkan pengumuman kelulusan PPDB tahap satu akan berlangsung pada 20 Juni depan. Menurut dia, pendaftar PPDB 2023 yang tidak lolos di Tahap I, bisa melanjutkan di Tahap II yang mulai dibuka pada 26 hingga 30 Juni 2023. Sementara total target siswa SMKN I Cimahi untuk pendaftar tahap satu dan dua di tahun 2023 sekira 650 siswa.

Jumlah tersebut sedikit meningkat dari PPDB tahun sebelumnya yakni hanya 680 siswa.

Erwin mengaku, tidak sedikit pendaftar PPDB 2023 yang mengalami kendaka saat melakukan pendaftaran. Terlebih, pendaftaran tersebut dilakukan secara online.

“Kendala pasti ada karena pendaftaran ini menggunakan sistem aplikasi dengan jaringan internet, pastinya ada mentenance (perbaikan). Tapi Ahamduliallah kita selalu berkoorinasi dengan provinsi akhirnya semua kendala bisa teratasi,” akunya.

Karena kata dia, apabila ada pendaftar mengalami kendala denga jaringan dan lain sebagainya, pihak sekolah telah menyediakan ruang informasi serta pengelolaan data yang menjadi salah satu fasilitas para pendaftar yang mengalami kendali.

“Kami berharap semoga PPDB 2023 ini lebuh baik dengan tahun sebelumnya, mudah-mudahan kita lebih transparan kepada masyarakat,” harapnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan