Komedian Australia Barry Humphries Meninggal di Usia 89

JABAR EKSPRES – Barry Humphries, komedian asal Australia, telah dikabarkan meninggal dunia pada usia 89 tahun. Pencipta karakter Dame Edna Everage dan Sir Les Patterson.

Pada tujuh dekade terakhir di dunia teater, televisi, buku, dan film, Barry Humphries menjadi terkenal karena humor yang absurd, tak menyenangkan, dan transgresif. Dia menyodok budaya Australia dengan beberapa personanya; Dame Edna Everage, seorang istri rumah tangga yang mencolok dan pemberang dari Moone Ponds; Sir Les Patterson, seorang atase kebudayaan Australia yang senang mabuk dan vulgar; Sandy Stone yang layak secara fundamental namun pikun; dan seorang Australia yang berpola dasar Barry McKenzie.

Everage, pada umumnya, menjalankan hidupnya sendiri, hadir pada beberapa talkshow, sebuah penampilan di Saturday Night Live, dan sebuah peran dalam drama Ally McBeal tahun 1990. Barry Humphries menjabarkan Everage dan Patterson sebagai keluaran yang sangat hebat.

“Dia merupakan seseorang yang mencintai dan sangat setia menjadi seorang suami, ayah, kakek, teman, dan rekan bagi banyak orang. Kepergiannya meninggalkan ruang kosong terhadap banyak kehidupan. Karakter-karakter yang dia ciptakan, yang membawa tawa untuk jutaan orang, akan terus hidup,” ucap dari pernyataan keluarganya.

“Untuk 89 tahun, Barry Humphries telah menghibur kita melalui galaksi dengan banyak persona, dari Dame Edna ke Sandy Stone. Tapi bintang yang paling bersinar terang di galaksi itu adalah Barry sendiri. Seorang yang cerdas, satiris, penulis, dan satu-satunya yang mutlak, dia dihadiahi dan merupakan sebuah hadiah. Semoga dia dapat beristirahat dengan tenang,” kata Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

Tinggalkan Balasan