Pemkot Bogor Bakal Bongkar Pasar Sukasari, Ratusan Pedagang Diminta Pindah ke TPS

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) mengebut program revitalisasi di sejumlah pasar tradisional.

Usai mengeksekusi Pasar Jambu Dua, dalam waktu dekat ini, Perumda PPJ bakal membongkar Sukasari Plaza atau Pasar Sukasari yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kecamatan Bogor Timur.

Direktur Utama Perumda PPJ, Muzzakir menyebut, pihaknya bersama dengan CV Punabri selaku investor telah mensosialisasikan tahapan revitalisasi Pasar Sukasari kepada para pedagang.

BACA JUGA: Cegah Penyakit LSD, Dispernakan KBB Lakukan Pengawasan dan Mitigasi Hewan Kurban

Di tahap awal, pihaknya menyampaikan bakal menyiapkan Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi para pedagang, yang dibangun di area Pasar Sukasari.

Nantinya, ada sekitar 361 pedagang diminta untuk mengisi TPS yang disediakan tersebut.

“TPS nya ada di depan halaman depan, dari titik parkir masuk sampai titik parkir keluar. Nanti parkir mobil dan motor kita atur kembali,” katanya dikutip Rabu, 7 Juni 2023.

Muzakkir berharap dengan digencarkannya sosialisasi terhadap para pedagang, pembangunan TPS bisa cepat terlaksana. Sehingga, aktivitas jual beli di pasar Sukasari dapat terus berjalan seperti biasanya.

Kemudian, sambung dia, untuk tahapan berikutnya saat ini tengah dalam proses lelang pembongkaran Gedung Pasar Sukasari yang ditargetkan menelan waktu sekitar 14 hari.

“Jika sudah ada pemenang lelang pembongkaran, nantinya langsung tahap pembongkaran yang bisa memakan waktu sekitar satu bulan,” sebutnya.

Pihaknya juga mendorong, agar nantinya para pedagang dapat menyesuaikan proses berlangsungnya pembongkaran dengan harapan berjalan lancar tanpa kendala.

Sehingga tahapan pembangunan pasar tersebut cepat terlaksana dan dapat selesai tepat waktu dengan target rampung di akhir tahun ini.

“Kita harapkan Pasar Sukasari ini dapat beroperasi kembali nanti pada bulan Desember 2023,” doanya.

Menurutnya, kondisi Pasar Sukasari sudah tidak layak dengan kontruksi bangunannya yang sudah lebih 30 tahun. Karena itu, Pasar Sukasari dibangun dengan lahan seluas 5.000 meter persegi.

“Makanya nanti akan membangun pasar dari ujung keluar parkiran sampai batas pom bensin. Kita akan bangun pasar hanya dua lantai saja,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan