Respon Plt Bupati Bogor Dikritik Dewan Soal Infrastruktur: Kita Bekerja itu Berdasarkan Pedoman

JABAR EKSPRES – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan banyak mendapat kritikan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal ini berkaitan dengan belum meratanya pembangunan infrastruktur di Bumi Tegar Beriman.

Karena itu, Iwan Setiawan angkat bicara mengenai kritikan yang dilontar oleh DPRD kepada dirinya.

BACA JUGA: Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Baleendah Kabupaten Bandung

Menurutnya, terkait pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bogor sudah dibahas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

RPJMD itu telah disepakati oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD sesuai dengan pedoman yang berlaku.

“Kalo dewan mengkritik pembangunan kan gini, kita bekerja itu berdasarkan pedoman, pedoman kita apa kan RPJMD itu kesepakatan Bupati dan dewan,” kata Iwan Setiawan kepada Jabarekspres.com, Selasa (6/5/2023).

Untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bogor, sambung Iwan, telah disepakati dan dibahas bersama DPRD dalam Rancangan Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (RAPBD) menjadi Produk APBD.

“Terus pembangunan infrastruktur itu kesepakatan Bupati dan dewan. Kalo temen-temen (Dewan,red) mengkritik sama saja mengkritik diri sendiri,” paparnya.

Kendati demikian, Iwan menegaskan jika mau mengkritik, dirinya tidak menutup diri silahkan sampaikan. Namun harus paham terlebih dahulu dengan apa yang mau dikritiki.

“Kritik boleh saja, saya terima kritikan yang penting paham dulu poin yang mau di kritiknya. Perda itu kan disepakati, kalo udah gitu pahit manis ya telan berdua. Jangan pas di ketok palu, malah nyalahin kita,”tegasnya.

Jika memang pembangunan infrastruktur ada yang kurang dari segi pengawasan, Iwan menyarankan dewan agar duduk bersama untuk membahasnya.

“Jadi menurut saya unsur penyelenggara itu salah satunya Bupati dan DPRD. Mungkin pengawasannya yang belum masuk masuk APBD nanti bahas lagi, mungkin sekarang jalan rusak yang sedikit tapi kan sudah disepakati berdua,” tutupnya.

Sebelumnya, Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bogor meluapkan ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah daerah menjelang lengser PLT Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Diantaranya, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Ridwan Muhibi. Ia menilai PLT Bupati Bogor belum maksimal dalam merealisasikan janji-janjinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan