Peringati Hari Jadi ke-541 Pemkot Bogor Tampilkan Helaran Budaya

BOGOR -Pemerintah Kota Bogor menggelar helaran budaya yang menyuguhkan berbagai kesenian tradisional dalam rangka hari Jadi Kota Bogor yang ke- 541.

Sejak pagi, ribuan masyarakat sudah memadati Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ir. H. Djuanda untuk menyaksikan helaran Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 pada Minggu (4/6) lalu.

Rangkaian helaran dimulai dengan pawai dari Balai Kota Bogor yang diawali Drum Band dari Pusdikzi, kemudian diikuti oleh Penari Mojang Pajajaran, seni budaya dari Cilegon.

Ditengah-tengah pawai, Wali Kota Bogor, Bima Arya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menaiki kuda tugang berjalan mengikuti pawai.

Selain itu pawai ini juga diikuti Oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan para kepala organisasi perangkat daerah, BUMD dan kepala dinas.

Tidak sekedar mempertunjukkan seni budaya, namun pawai juga menampilkan kreativitas dan atraksi sehingga masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan para pejabat Kota Bogor dan dengan para peserta pawai helaran.

Dalam kesempatan itu beberapa dinas dan wilayah juga menyampaikan kampanye cegah dan pengentasan stunting dan ODF serta KB dan sadar lingkungan untuk menjaga lingkungan.

Di titik panggung utama di Jalan Jenderal Sudirman para peserta helaran mempertunjukan penampilannya, diantaranya seni budaya dari Cilegon, Tarian Kawanua dari Sulawesi Utara, Silat khas Minangkabau, perempuan berkebaya Indonesia, komunitas sepeda ontel, golok pedang sepuh nusantara, ngibing bersama Kota Bogor, komunitas lari Kota Bogor, maskot Si Rubo, barongsai dan liong.

Menariknya enam kecamatan di Kota Bogor juga ikut menampilkan kesenian khas dan tradisi budaya di wilayahnya.

Berbeda dari peserta lainnya, Kecamatan Bogor Selatan selain menampilkan seni tradisi kebudayaan juga menyampaikan pesan tentang pelestarian lingkungan.

Camat Bogor Selatan, Abdul Rahman mengatakan, Kecamatan Bogor selatan menampilkan kesenian dengan tema Nyi Mas Putri Kararas Sari.

Secara umum memiliki potensi besar dan semangat yang tinggi untuk membangun bersama masyarakat yang cerdas, kreatif, inovatif kuat, mandiri dan bermartabat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan