Benarkah Bandung Tanpa Walikota ? Inilah Penjelasan Ketua DPRD

JABAR EKSPRES- Yana Mulyana mengisi posisi walikota Bandung setelah Meninggalnya Almarhum Oded M.Danial. Namun, setelah Yana terjerat kasus korupsi, benarkah kini Bandung tanpa wali kota ?

Seperti dalam berita-berita sebelumnya, bahwa Yana Mulyana terjerat kasus korupsi dalam proyek “Bandung Smart City”

Yana kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi suap dan penerimaan gratifikasi pengadaan CCTV dan penyedia jasa internet untuk proyek “Bandung Smart City” tahun anggaran 2022-2023.

Tersangka YM diduga menerima gratifikasi untuk memenangkan PT CIFO dalam lelang proyek penyediaan jasa internet di Dishub Kota Bandung senilai Rp2,5 miliar.

Sejak tanggal 14 april, Yana tertangkap di Bandung. Saat itu juga kota Bandung di nobatkan bahwa Bandung tanpa walikota, Bandung sedang kosong kepemimpinan, alias “yatim piatu”

Edi Rusmawan sebagai ketua DPRD Kota Bandung menanggapi persoalan ini. Ia menjelaskan bahwa tugas-tugas walikota Bandung akan di tangani oleh pelaksana harian yang akan di tunjuk oleh pemerintah pusat.

Ia juga kemudian memaparkan bahwasanya hal ini telah di atur dalam UU no. 23 tahun 2014.

“Pasal 65 ayat 2 menyebutkan, tugas kepala daerah adalah mengajukan rancangan Perda, menetapkan Perda yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD, menetapkan Perkada dan keputusan kepala daerah, mengambil tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh Daerah dan/atau masyarakat dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan,” tuturnya.

Di perjelas kembali oleh Tedy, apabila kepala daerah sedang menjalani masa tahanan. Maka untuk sementara jika tidak ada wakil, sekertaris yang harus turun tangan melaksanakan tugas sehari-hari Walikota.

Menurut politisi PKS tentang penunjukan PLH Walikota Bandung, tidak memerlukan persetujuan dari DPRD .

“Aturan lebih detailnya soal pelaksanaan tugas Walikota dan Wakil Walikota oleh Sekda dijelaskan dalam peraturan pemerintah tersendiri,” pungkasnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan