Hasil Investigasi, Ini Penyebab Helikopter Jatuh di Kebun Teh Ciwidey

JABAREKSPRES – Helikopter jatuh milik TNI Angkatan Darat (AD) di Kebun Teh Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu kini mulai menemukan titik terang.

Kadispenad TNI Brigjen Hamim Tohari mengatakan, helikopter jatuh bermerek Heli Bell 412 TNI AD beberapa waktu yang lalu kini sudah selesai dilakukan investigasi.

Menurutnya, sejauh ini bisa didapatkan gambaran bahwa helikopter jatuh di Kampung Bayongbong, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat akibat faktor cuaca.

“Penyebab dominannya adalah aspek cuaca di wilayah tersebut yang ditutupi kabut dan hujan rintik-rintik,” ujar Hamim, Minggu 4 Juni 2023.

Hamim menjelaskan, awal kejadian terjatuhnya heli ini ketika sedang mendekati zona landing untuk latihan dropping logistik,

“Namun pada ketinggian 6.500 ft tiba-tiba Captain Pilot merasakan Nose Up dan kecepatan pesawat mulai berkurang,” katanya.

Selang beberapa detik, kata Hamim, tiba-tiba pesawat terkena down-draff dan kehilangan ketinggian yang pada akhirnya helikopter jatuh.

“Pilot pun berusaha menstabilkan posisi pesawat agar tetap dalam keadaan level. Posisi Heli turun dari ketinggian 6100 ke 5400 ft dengan VSI 2.000 FPM. Sehingga kondisi cuaca ekstrim tersebut telah mengakibatkan Pesawat akhirnya jatuh,” ungkapnya.

Sebelumnya, helikopter jatuh milik TNI AD itu berjenis Heli Bell 412 pada Minggu 28 Mei 2023 lalu. Pesawat tersebut terjatuh saat sedang latihan yang ditumpangi 5 kru. Namun, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari dalam keterangan resminya menjelaskan Helikopter yang terjatuh milik TNI AD terjatuh ketika sedang berlatih pada Minggu 28 Mei 2023 dengan jenis helikopter Bel 412.

“Pada hari Minggu tanggal 28 Mei 2023, sekitar pukul 13.30 WIB, telah terjadi kecelakaan helikopter jenis Bel 412 milik TNI AD di KP Bayongbong, Desa Patengan, Rancabali, dalam rangka mendukung latihan Yonif 300R/BJW,” tulis Hamim dalam keterangannya, Minggu 28 Mei 2023. (agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan