PPDB SMP Tahap 1 Kota Cimahi Disiapkan 4.000 Kuota

CIMAHI – Tahap 1 Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMP dimulai pada 12 hingfa 14 Juni 2023. Sedangkan tahap kedua pada tanggal 26-30 Juni 2023.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menyediakan sekitar 4.000 kuota siswa PPDB SMP 2023 untuk tahap 1.

“Kuota PPDB SMP itu akan dibagi empat jalur pendaftaran yaitu jalur zonasi sebanyak 50 persen, afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen dan jalur prestasi 30 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, Minggu 4 Juni 2023.

Kata dia, pihaknya menyediakan 10 persen dari 50 persen kuota zonasi khusus siswa perbatasan. Kuota PPDB SMP negeri yang terletak dengan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Bandung Barat.

“Jalur zonasi masih jadi angka paling besar sebanyak 50 persen. Nah, dari 50 persen ini kita sediakan 10 persen bagi siswa perbatasan yang ingin sekolah di Cimahi,” ucap Harjono.

Ia menambahkan, tahapan pendaftaran dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1 untuk jalur afirmasi, prestasi, perpindah tugas orangtua, dan anak guru. Sedangkan tahap 2, fokus pendaftaran khusus jalur zonasi.

“Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online. Sedangkan bagi siswa luar kota, perpindahan, dan kuota perbatasan, pendaftaran dilakukan di sekolah tujuan oleh operator yang ditunjuk,” katanya.

Sementara itu, dari kuota PPDB SMP sebanyak 4.000 yang disediakan Disdik Kota Cimahi, angkanya sangat jomplang jika dibanding total lulusan SD dan MI yang mencapai 9.000 orang.

Meski demikian, total angka lulusan SD dan MI tak seluruhnya ikut dalam PPDB. Banyak di antara mereka memilih melanjutkan sekolah ke swasta, pindah keluar negeri, atau memilih menempuh pendidikan pesantren.

“Jadi semua lulusan akan terakomodasi. Namun sebagian masuk swasta. Kalau lulusan SD di Cimahi pendaftaran PPDB SMP langsung online oleh sekolah masing-masing. Untuk kuota perbatasan harus datang langsung,” ucapnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan