Gelar Job Fair 2023, IPB University Siapkan 36 Perusahaan untuk Alumni

JABAR EKSPRES – Sebanyak 36 perusahaan diberbagai bidang milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perusahaan swasta turut membidik lulusan IPB University dalam gelaran IPB Job Fair 2023.

Event yang dihelat selama dua hari, yakni 3 hingga 4 Juni 2023 di Gedung GWW IPB Darmaga ini diikuti ratusan alumninya.

Direktur Kemahasiswaan IPB University, Ujang Suwarna mengatakan, rangkaian Job Fair di tahun 2023 ini sudah dimulai sejak bulan Mei lalu dengan nama Job Fair Akademi.

“Jadi hari ini kita akan melaksanakan Job Fair secara on side tanggal 3 dan 4 Juni 2023, kemudian akan dilanjutkan pada 5 hingga 30 Juni dengan Job Fair virtual,” ungkapnya kepada JabarEkspres.com pada Sabtu (3/6).

Tujuan digelarnya kegiatan tersebut, sambung dia, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sivitas akademika IPB University terhadap para mahasiswa.

Ujang Suwarna menekankan, hal itu sebagai langkah upaya untuk meningkatkan daya serap bagi lulusan IPB yang nanti akan bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

“Dalam hal ini sebagai wujud nyata dalam memberi wadah kepada mahasiswa dan alumni IPB untuk bisa bertemu dengan dunia usaha dan dunia industri,” paparnya.

“Kami mencatat, bahwa tahun sebelumnya lulusan IPB itu sudah mendapatkan pekerjaan yang layak dan baik secara profesialonal dan wirausaha sekitar 75 persen,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, dalam IPB Job Fair 2023 ini akan banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar, salahsatunya training untuk mahasiswa masuk ke dunia kerja dan ada expo karir.

Dimana, sambung dia, mahasiswa akan dipertemukan dengan dunia usaha dan industri, akademi tematik, karir expo, intership expo, interpreneurship expo, webinar dan chating online.

“Tanggal 5 hingga 30 Juni ini akan terus bergulir proses-proses yang sifatnya online, ada komunikasi alumni mahasiswa dengan HRD perusahaan terkait dengan kemudahan-kemudahan dan training-training yang diberikan perusahaan,” terangnya.

Pihaknya mencatat, sekitar 40 persen ingin menjadi profesional, dan 40 persen lagi ingin menjadi wirausaha dan sisanya ingin menjadi yang lainnya.

“Kita harapkan dengan Job Fair ini kita bisa mempertahankan minat karir mereka. Sebab mereka punya cita-cita ingin menjadi profesional, wirausaha, dan mudah-mudahan dengan Job Fair ini bisa mewadahi minat-minat karir mereka,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan