Memperingati Hari Pancasila, Berikut Lima Prinsip Kesatuannya!

JABAR EKSPRES – Pada 1 Juni 2023, kita memperingati hari lahir Pancasila, dalam memperingatinya kita biasa melaksanakan upacara, sesuai dengan Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 menetapkan tanggal 1 Juni sebagai lahirnya Pancasila, dan pada hari tersebut di tetapkan juga sebagai libur nasional.

Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni sendiri di karenakan Pancasila pertama kali di sebut pada 1 Juni 1945 oleh Presiden Republik Indonesia, Soekarno.

Soekarno menyebut Pancasila salam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha persiapan Kemerdekaan indonesia (BPUPKI).

Baca Juga: Kabar Pencairan Gaji Ke- 13 Diperkirakan Juni 2023!

Di tetapkannya 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila di harapkan agar pemerintah, masyarakat, dan juga seluruh bagian bangsa Indonesia memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Perlu di ketahui bahwa kata Pancasila sendiri sudah dikenal sejak zaman Majapahit, dimana kata tersebut terdapat pada kitab Negarakertagama yang di karang oleh Mpu Prapanca dan kitab Sutasoma yang di karang oleh Mpu Tantular.

Pancasila sendiri memiliki arti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima berdasarkan dalam kitab Sutasoma.

Penting untuk kamu ketahui bahwa Pancasila sendiri terdiri dari dua suka kata di antaranya “Panca” yang memiliki arti  lima dan “Sila” yang berarti prinsip.

Baca Juga: Program Indonesia Pintar (PIP) Yang Diselenggarakan Pemerintah!

Dapat di katakan bahwa Pancasila merupakan sebuah satu kesatuan dari lima prinsip, isi dari silanya yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Bahasan di atas dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan