Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Gampang Dihafal

JABAR EKSPRES – Hari lahir pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Berikut ada contoh naskah pidato singkat untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini akan diperingatai pada Hari Kamis (1/6) besok. Pemerintah juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional.

Meski menjadi tangal merah, namun beberapa instansi pemerintah, sekolah hingga pesantren ada yang tetap melaksanakan upacara untuk memperingatinya.

Atau bahkan ada juga yang sengaja mengadakan acara khusus untuk memperingati Hari Lahir Pancasila ini, misalnya dengan seminar, perlombaan-perlombaan, adu debat bahkan hingga karnaval yang menggunakan tema Pancasila.

Dalam acara-acara demikian, sering kali ketua panitia atau pembina upacara harus memberikan pidato singkat yang bertemakan hari Lahir pancasila.

Untuk itu, berikut ada contoh naskah pidato yang dibuat dengan tema pancasila yang bisa digunakan sebagai referensi.

Contoh Teks Pidato Hari Lahir Pancasila 2023

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Alhamdulillah wa syukurillah. Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fih.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Undangan…

yang saya Hormati kawan-kawan dan hadirin semua

Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang begitu melimpah sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat.

Baca Juga : Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Tunjukkan Semangatmu Lalu Unggah di Media Sosial

Selawat berbingkaikan salam, tiada lupa kita curahkan kepada Rasulullah Al-Akhirul Anbiya, Muhammad saw. Semoga dengan seringnya berselawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di hari kiamat nanti.

Tiada terasa hari-hari begitu cepat berganti dan saat ini kita kembali mendapat kesempatan untuk singgah di momentum yang spesial.

Ya, tanggal 1 Juni adalah momentum bersejarah bagi bangsa ini karena merupakan hari peringatan lahirnya Pancasila.

Tepatnya pada tanggal 1 Juni tahun 1945, Bung Karno sempat menyampaikan pidato tentang usulan dasar negara yang pada akhirnya menjadi tonggak lahirnya Pancasila.

Tapi, apa dan bagaimana cara kita memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila yang sejatinya terus-menerus dirayakan setiap tahunnya?

Bila kita berbicara tentang upacara, maka rasanya cukup banyak dari para pelajar, generasi muda, serta masyarakat bangsa ini yang mengikuti upacara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan