Erdogan Menangkan Pemilu Turki, Apa Efeknya bagi Indonesia?

JABAR EKSPRES – Recep Tayyip Erdogan kembali memenangkan Pemilu Turki sehingga dirinya berhak menjadi presiden negara tersebut untuk yang ketiga kalinya. Lantas, apakah efek kemenangan Erdogan bagi masyarakat Indonesia?

Pengamat dari Universitas Indonesia yang memiliki fokus dengan kajian Timur Tengah, Yon Machmudi mengatakan bahwa kebijakan luar negeri Erdogan cenderung akan memperkuat hubungan dengan negara Asia, termasuk Indonesia.

“Berbeda dengan lawan politiknya yang ingin mengembalikan posisinya Turki sebagai loyalis Barat. Artinya, kerja sama Turki dengan Indonesia akan semakin kuat,” ucap Yon Machmudi.

BACA JUGA: Unsur Halal dan Haram dalam Investasi Asuransi Syariah

Ia mengatakan bahwa Erdongan dan Jokowi memiliki kedekatan nan begitu karib hal ini dibuktikan dengan tweet Jokowi yang mengucapkan selamat kepada Erdogan.

“Ucapan paling hangat bagi saudaraku Presiden Erdogan @RTErdogan dari Turki yang kembali terpilih [sebagai presiden]. Siap melanjutkan dan memperkuat kemitraan strategis jangka panjang Indonesia-Turki untuk kepentingan rakyat kita,” isi tweet Jokowi pada Senin, 30 Mei 2023.

Sementara itu, pengamat hubungan internasional di Universitas Indonesia, Sya’roni Rofii memiliki pandangan yang serupa dengan Yon Machmudi.

BACA JUGA: Erdogan Kembali Memenangkan Pemilu, Apa Dampaknya bagi Turki?

Menurutnya, kedua presiden tersebut akan terus melanjutkan kerjasama yang telah dijajaki sebelumnya. Mulai dari kerjasama di bidang pertahanan hingga ekonomi-perdagangan.

Di bidang pertahanan, Turki dan Indonesia memiliki kesepakatan membuat pesawat dan tank bersama.

Di bidang ekonomi, mereka akan membentuk travel corridor arrangement (kesepakatan koridor perjalanan) dan mempercepat laju perundingan Indonesia-Turkiye Comprehensive Economic Patrnership Agreement (IT-CEPA).

BACA JUGA: Harta Nadiem Makarim Naik 3,6 Triliun dalam Setahun, Netizen Dibikin Melongo

Di sisi lain, untuk hubungan level antar-masyarakat, relasi Indonesia-Turki terus meningkat. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya beasiswa yang diberikan Turki kepada masyarakat Indonesia.

Melihat dari sisi agamis, Erdogan akan membawa angin segar bagi kalangan Muslim di Indonesia. Dikarenakan perjuangan Islamophobia yang dilakukan negara Barat/Eropa telah tidak relevan lagi.

Selain itu, dengan kemenangan Erdogan ini, membuat Turki terus menutup akses pintu sekularis untuk maju menjadi pemimpin Turki. Hal ini tentunya akan menunjukkan bahwa era kebangkitan Islam di sana akan terus berlanjut. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan