Sambut Hari Jamu Nasional, Yuk Coba Resep Jamu Tradisional Nikmat, Dijamin Tidak Pahit Seperti Hidupmu

JABAR EKSPRES – Menyambut Hari Jamu nasional yang akan jatuh apda 27 Mei 2023, sabtu nanti, mari melestarikan tradisi sehat dan bugar dengan minum jamu. Ada tiga resep jamu tradisional nikmat dan yang pasti sehat.

Tradisi minum jamu, dahulu dijadikan sebagai obat untuk berbagai keluhan penyakit. Layaknya sebuah obat makan jamu yang terbuat dari campuran berbagai bahan rimpang biasanya akan memiliki rasa yang pahit, atau aroma yang menyengat.

Namun untuk kali ini kita akan mencoba membuat jamu yang nikmat tanpa rasa pahit, tapi tetap memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Ada tiga resep jamu tradisional  yang bisa kita coba dari tulisan ini, yakni jamu kunyit asem, jamu beras kencur dan jamu jahe sereh.

Jamu-jamu nikmat tersebut biasanya dikonsumsi oleh putri-putri keraton untuk menjaga kebugaran dan keindahan tubuhnya.

Pasalnya jamu-jamu tersebut memiliki khasiat bagus untuk kesehatan. Seperti jamu kunyit asem, Kunyit memilki kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Bermacam kandungan kunyit tersebut sangat organ dalam manusia, bahkan ada yang mengonsumsi parutan kunyit untuk terapi menyembuhkan penyakit lambung.

Sementara Asam mengandung banyak vitamin B1, B2, B3, kalium, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, serat, lemak, protein, karbohidrat, dan kalori.

Jika kedua bahan tersbeut digabung makan akan banyak menfaat yang bisa diambil untuk tubuh manusia.

Selanjutnya jamu beras kencur. DIlansir dari laman Alodokter, kandungan dalam beras antara lain mengandung kalsium, fosfor, dan kalium, serta beberapa vitamin yang penting bagi tubuh. Sedangkan rimpang kencur mengandung flavonoid, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc.

Dari kedua bahan tersebut memiliki khasiat sebagai anti kanker, anti radang, anti oksidan, anti bakteri dan antidiabetes.

Jamu berikutnya adalah Jahe dan serai, Jahe selain banyak digunakan sebagai bumbu dapur juga sebagai tanaman obat, Jahe yang memiliki kandungan oleoresin, minyak Atsiri, Gingerol, Shogaol, Zingeron, Pati, Serat dan Vitamin dan mineral.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan