Resep Nasi Liwet Komplit, Kuliner Khas Sunda Favorit untuk Botram

JABAR EKSPRES – Nasi liwet merupakan salah satu kuliner tradisional yang ada dibeberapa daerah. Meski namanya sama, namun nasi liwet berbeda dimasing-masing daerah, seperti nasi liwet Jawa sangat berbeda dengan Nasi liwet khas Sunda.

Nasi liwet khas Sunda memiliki bahan yang lebih komplit di banding nasi liwet dari Jawa. Baik dari isian, bumbu maupun lauk pelengkapnya.

Banyak yang menyangka pembuatan nasi liwet khas Sunda agak susah, karena banyak bahan dimasukkan dalam satu panci. Belum lagi aneka lauk yang beragam, membuat proses pembuatannya memakan waktu lama.

Namun kini ada cara praktis membuat nasi liwet enak tanpa ribet, yakni dengan menggunakan rice cooker atau magicom.

Kamu tetap bisa mendapatkan citarasa nasi liwet yang khas tanpa harus repot menggunakan panci yang harus beralas daun pisang lalu dimasak menggunakan kompor.

Kamu hanya perlu mengikuti resep nasi liwet khas Sunda menggunakan rice cooker atau magicom dibawah ini :

Bahan-bahan

3 gelas beras putih ato bisa juga beras merah

3 siung bawang putih potong tipis-tipis

4 siung bawang merah potong tipis-tipis

1/2 ons teri medan/teri jengki

1 genggam cabe rawit bisa juga cabe gendot

secukupnya daun salam, sereh dan garam

pelengkap bisa ditambah telur asin

minyak untuk menumis dan air untuk memasak nasi

Cara Membuat

Langkah 1 :Cuci beras lalu tiriskan.. masukkan kedalam magic com seperti memasak nasi biasa, beri air sesuai banyaknya beras sampai melebihi dua ruas jari.

Langkah 2 : Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan juga daun salam dan sereh sampai berbau harum, lalu beri garam.

Langkah 3 : Tuang tumisan bumbu kedalam magiccom, masukkan juga teri goreng dan cabe. Lalu aduk rata dan masak di magic com sampai matang kurang lebih 30 menit sambil sesekali diaduk.

Langkah 4 : Setelah air kering masukkan telur asin dan tutup kembali sampai nasi benar2 tanak.

Nasi liwet khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lauk pelengkap seperti semur jengkol, tumis ikan asin pedas atau cumi cabe ijo, ikan atau ayam goreng atau bakar, tahu tempe goreng, ulukutek, gepuk atau lauk khas sunda lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan