Doa Saat Menghadapi Ujian, Langsung Amalkan Biar Dapat Kemudahan

JABAR EKSPRES – Kehidupan manusia didunia sesungguhnya adalah sebuah perjuangan, manusia dituntut untuk selalu berjuang menghadapi ujian. Untuk kamu yang sedang dalam masa ujian, baca doa saat menghadapi ujian agar Allah berikan kemudahan dan kelancaran.

Sesusah apapun sebuah ujian akan tetap berakhir pada waktunya, namun bagaimana cara kita menghadapi dan menjalaninya bisa sangat berpengaruh pada proses dan hasil akhirnya.

Karenanya, selalu minta bantuan hanya kepada Allah setiap kali merasa kesulitan saat sedang menghadapi ujian.

Karena dengan meminta hanya kepada Allah, maka kemudahan akan diberikan. Sementara bila meminta kepada manusia belum tentu bisa membantu apalagi memberikan hasil yang terbaik.

Kemudahan dan kelancaran dari allah dalam mengerjakan ujian juga merupakan suatu rezeki dan nikmat yang harus kita syukuri.

Kadang kita tidak menyadari bahwa kesuksesan yang diperoleh selama ini terutama saat menghadapi ujian, bukanlah karena kehebatan kita, namun karena ada campur tangan Allah didalamnya.

Untuk kamu yang saat ini sedang bersiap menghadapai ujian akhir sekolah, ujian masuk perguruan tinggi, ujian wawancara kerja ataupun ujian yang lainnya, kamu bisa mengamalkan beberapa doa di bawah ini.

Doa tersebut dimaksudkan agar kamu mendapatkan kekuatan saat mengerjakan ujian, diberikan daya ingat yang tajam dan kemudahan dalam menjawab semua soal.

Berikut beberapa doa saat menghadapi ujian:

1. Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta tajalul hazna idzaa syi’ta sahlan.

“ Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Doa sebelum ujian sekolah dipanjatkan agar kamu diberi kelancaran saat mengerjakan setiap soal yang diberikan.

Berikut bacaan doa sebelum ujian sekolah yang selanjutnya:

2. Rabbi yassir wa a’in wa laa tu’assir.

Artinya:

“ Wahai Tuhanku, mudahkanlah urusanku, bantulah aku, dan jangan Engkau persulit.”

Sebelum mengerjakan ujian, kamu juga bisa memanjatkan doa di bawah ini agar diberi kemudahan dalam mengerjakannya:

3. Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan