Pelaksanaan PPDB Kota Bandung Dimulai Besok, 22 Mei 2023, Simak Jadwal Lengkapnya di Sini

JABAR EKSPRES – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung akan dimulai pada besok Senin, 22 Mei 2023. Untuk mengetahui jadwal lengkap tahapannya akan dijelaskan dalam artikel ini.

Dilansir dari kanal Youtube resmi PPDB Kota Bandung, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyebut bahwa PPDB Kota Bandung tahun ajaran 2023-2024 masih mengikuti Permendikbud nomer 1 tahun 2021 dan Perwal nomer 57 tahun 2021.

“PPDB akan dimulai pada 22 Mei 2023, hanya akan ada sedikit perbedaan teknis yang bisa dilihat di medsos dan website resmi PPDB Kota Bandung,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan PPDB tahun ini ada dua tahap, yakni tahap pertama berupa pendaftaran jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi. Sementara tahap kedua adalah menggunakan jalur zonasi.

Untuk tahun ini, azas penyelenggaraan PPDB berdasarkan azas objektif, tranparan dan akuntabel. Karenanya bila ada keluhan atau dugaan kecurangan, masyarakat bisa langsung melaporkan atau melakukan pengaduan.

Seluruh informasi terkait PPDB bisa dilihat secara online di wesite ppdb.bandung.go.id. Bisa juga melakukan konfirmasi langsung untuk mengetahui regulasinya.

Hikmat juga menambahkan, untuk PPDB tahun ini akan memberikan layanan pendidikan menyeluruh, tidak hanya pendidikan formal seperti TK,SD dan SMP saja.

Namun juga pendidikan informal seperti Pendidikan anak usia dini (Paud), Kelompok belajar (Kober), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Bagi yang ingin melanjutkan bisa melalui lembaga non formal, dengan mengikuti Paket A, B dan C di PKBM.

Sementara untuk pendidikan inklusi anak berkebutuhan khusus masih diberlakukan sistem yang sama dengan tahun sebelumnya. Yakni calon peserta didik bisa melakukan assasmen terlebih dahulu di Assasment center.

Adapun mengenai teknis dan persyarakatannya bisa langsung melihatnya di website.

Bagi yan menemukan permasalahan terkait PPDB bisa berkonsultasi dengan sekolah asal atau sekolah tujuan.

Untuk mengetahui jadwal lengkap pelaksanaan PPDB Kota Bandung, berikut akan dijelaskan sesuai dengan tahapannya;

1. Jalur Afirmasi, Prestasi, dan Pindah Tugas Orang Tua

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan