Jonathan Kuminga Kesulitan di Golden State Warriors!

JABAR EKSPRES – Jonathan Kuminga, seorang forward berusia 20 tahun yang terpilih sebagai nomor 7 pada draft 2021, merasa kesulitan karena belum dimainkan dalam beberapa pertandingan terakhir Golden State Warriors.

Pada musim ini, Kuminga tampil dalam 67 pertandingan dan memulai 16 di antaranya, dengan rata-rata 9,9 poin, 3,4 rebound, dan 1,9 assist dalam 20,8 menit per pertandingan.

Namun, pada seri playoff melawan Sacramento Kings, Kuminga hanya bermain selama 10 menit di Game 1, 4 menit di Game 2, dan 13 menit di Game 3 sebelum hanya muncul di waktu-waktu terakhir. Ia bahkan tidak dimainkan sama sekali dalam Game 5 dan kekalahan Warriors dalam Game 1 melawan Los Angeles Lakers.

Alasan Kuminga tidak dimainkan bukanlah rahasia, melainkan karena kurangnya kemampuan menjaga jarak (spacing) dalam tim.

Baca Juga: Duel Terbaik! LeBron vs Curry di NBA Playoff 2023

Meskipun ia mencetak 37% tembakan tiga poin yang cukup baik pada musim ini, kebanyakan upayanya adalah tembakan yang terbuka lebar dan lawan tidak menghormatinya.

Pada bulan Maret, pelatih Warriors Steve Kerr menyatakan bahwa mereka menghindari memainkan Kuminga sebagai small forward karena lawan tidak menghormati kemampuannya dalam tembakan.

Meskipun demikian, Kerr meminta Kuminga untuk tetap siap kapan saja peluang bermain datang, karena rotasi bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada keadaan pertandingan NBA.

Kerr mencontohkan veteran big man JaMychal Green yang sebelumnya tidak dimainkan dalam seri melawan Sacramento, tetapi berkontribusi dengan baik pada Game 1 melawan Los Angeles.

Steve Kerr menambahkan bahwa Kuminga harus siap bermain pada posisi 4 atau bahkan smallball 5, tetapi menambahkan bahwa menambahkan pemain yang tidak mampu menjaga jarak dalam tim bukanlah prioritas utama dari tim pelatih Warriors.

Baca Juga: Strategi Warriors High Pick and Roll untuk Performa Stephen Curry

Pada Game 2 melawan Los Angeles, Warriors kemungkinan akan mempertimbangkan penggunaan satu-big lineups yang sudah terbukti berhasil di akhir pertandingan, dan membawa lebih banyak penembak ke lapangan.

Namun, tetap saja pelatih Warriors harus mempertimbangkan kemampuan menjaga jarak dari pemain yang dimainkan. Kerr menyadari bahwa Los Angeles tidak akan mengawal Kuminga di luar garis tiga poin, sehingga ia harus memainkan Kuminga pada posisi yang lebih cocok untuknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan