Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Bahasa Indonesia dengan Bocoran Kunci Jawaban

BACA JUGA: Bocoran Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK dan SBMPTN 2023 Lengkap

(4) Profesor Yoshihiko Tsumura, sebagaimana dilansir EurekAlert, mengatakan bahwa Shorea parvifolia tersebar luas di Asia Tenggara. (5) Struktur genetik Shorea parvifolia dipengaruhi oleh fluktuasi glasial dan interglasial yang berulang. (6) Perubahan genetik ini memberikan pengetahuan untuk memastikan keberadaannya pada masa depan. (7) Untuk memeriksa genetiknya, para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia. (8) Tim menggunakan penanda DNA nukleus dan data pengurutan DNA dari kloroplas (struktur sel tumbuhan yang melakukan fotosintesis) untuk memeriksa struktur genetik spesies tersebut. (9) Analisis DNA tersebut menunjukkan bahwa S. parvifolia telah mengalami ekspansi populasi baru-baru ini di Borneo. (10) Spesies ini kemungkinan besar bermigrasi dari Semenanjung Malaya ke Borneo dan kemudian mengalami peningkatan populasi besar sehingga menghasilkan keragaman genetik yang cukup besar.

Topik yang dibahas pada bacaan tersebut adalah …

a) Beberapa perubahan yang terjadi pada Shorea parvifolia.

b) Shorea parvifolia baru-baru ini mengalami ekspansi populasi.

c) Penelitian tentang Shorea parvifolia oleh para peneliti dari Jepang.

d) Penggunaan DNA untuk meneliti genetika Shorea parvifolia.

e) Pentingnya penelitian tentang Shorea parvifolia untuk masa depan.

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Topik dalam suatu teks merupakan isu utama atau masalah yang dibahas. Untuk menemukan topik tersebut, pembaca perlu memahami gagasan utama dari setiap paragraf dan kemudian menarik kesimpulan dari keseluruhan isi teks.

Dalam teks ini, paragraf pertama menjelaskan bahwa populasi Shorea parvifolia mengalami ekspansi. Paragraf kedua menguraikan sebuah eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan hal tersebut, sedangkan paragraf ketiga memberikan saran mengenai pembagian unit konversi hutan berdasarkan temuan penelitian tersebut.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa topik utama dalam bacaan ini adalah ekspansi populasi baru-baru ini dari Shorea parvifolia.

Pilihan jawaban A tidak benar karena dalam teks hanya dijelaskan tentang satu perubahan atau ekspansi dari spesies hutan hujan tropis yaitu Shorea parvifolia.

Sebaliknya, pilihan jawaban A menggunakan kata “beberapa” yang mengindikasikan bahwa terdapat banyak perubahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan