Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Bahasa Indonesia dengan Bocoran Kunci Jawaban

Pilihan jawaban C tidak tepat karena informasi pada pilihan tersebut tidak jelas mengenai aspek atau bagian penelitian apa yang diteliti oleh para peneliti Jepang.

Sedangkan, inti teks menjelaskan tentang penelitian untuk membuktikan ekspansi Shorea parvifolia.

Pilihan jawaban D juga tidak benar karena informasi pada pilihan jawaban D hanya mewakili isi paragraf kedua yang membahas tentang penelitian genetika Shorea parvifolia saja.

Terakhir, pilihan jawaban E juga tidak tepat karena informasi pada pilihan jawaban E belum jelas penelitian apa yang dibahas dalam teks.

Padahal, teks tersebut membahas tentang ekspansi Shorea parvifolia dan bukan tentang penelitian yang tidak jelas objeknya.

Jawaban: B

Contoh soal 2 UTBK SNBT 2023 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3.

“Kamu sudah bijaksana; tapi kamu bukan anak biasa. Jutaan anak biasa di luar sana nggak sebijak kamu, dan mungkin saja membuat pilihan yang salah. Dan, kalau kesalahan dia, atau kesalahan kamu, menyakiti salah satu dari kalian, bisa saja itu membekas dan berdampak parah. Luka dari masa kecil itu lebih sulit disembuhkan daripada yang kamu dapat setelah dewasa.”

BACA JUGA: Kunci Jawaban Soal TOEFL Lengkap dengan Pembahasan Terbaru 2023

Aku mengangkat bahu. “Yang kubilang barusan adalah perspektif umum orang dewasa. Tapi, kamu yang menentukan apa yang mau kamu lakukan. Aku nggak kenal anak ini. Tapi, sebagai orang yang sayang kamu, aku akan otomatis menganggap kalau nggak ada anak yang sepadan untuk kamu.”

Suki mengernyit. “Jadi, menurut kamu, aku harus bilang nggak?”

“Nggak juga. Kalau kamu mau coba, silakan saja. Tapi, kamu harus tahu kalau nggak ada orang lain yang bisa menanggung risiko dari perbuatan yang kamu pilih. Jadi, anak kecil nggak akan memberikanmu pengecualian.”

“Jadi … kamu nggak memberi nasihat apa-apa?” tanya Suki.

Aku tertawa dan menggeleng. “Nggak. Menurutku, anak-anak harus dididik untuk belajar mengambil keputusan dan menanggung hasilnya. Tapi, kamu bukan anak biasa. Kamu sudah terbiasa menghadapi keputusan sulit. Tapi kalau nasihat, aku punya satu.

Tinggalkan Balasan