Bocoran Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK dan SBMPTN 2023 Lengkap

According to the Ministry of Education, 74 percent of the students registered to the first of the JEE took the exam, while an above 80-percent attendance was observed for the NEET exam. Students are now gearing up for the second stage of the JEE (the JEE Advanced), which will take place on September 27. Protests against the exam date have dwindled since the Supreme Court decision.

The author’s attitude towards the civils’ protest regarding the exam schedule is ….

a) critical

b) positive

c) objective

d) subjective

e) informative

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal menanyakan sikap penulis mengenai protes masyarakat tentang jadwal ujian yang dibahas pada teks.

Penulis menjelaskan protes masyarakat tentang jadwal ujian pada paragraf pertama. Penulis menjelaskan bahwa Mahkamah Agung memberi izin kepada pemerintah untuk mempertahankan jadwal asli untuk ujian masuk insinyur dan perguruan tinggi kedokteran meskipun ada permohonan dari masyarakat untuk menunda jadwal tersebut.

Pada paragraf kedua, penulis menyebutkan dua ujian masuk universitas, yaitu JEE dan NEET. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alasan pemerintah mempertahankan jadwal ujian yang sudah ditetapkan sejak awal dan pengadilan juga tidak akan mempertimbangkan petisi apapun mengenai jadwal tersebut.

Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang persentase jumlah siswa yang sudah mengikuti ujian JEE dan NEET. Dijelaskan pula bahwa protes mengenai jadwal ujian sudah berkurang sejak adanya putusan dari Mahkamah Agung.

Berdasarkan topik bahasan pada masing-masing paragraf, terlihat jelas bahwa penulis menyajikan informasi mengenai protes yang dilakukan oleh masyarakat dan sikap pemerintah terkait jadwal ujian masuk universitas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sikap penulis adalah informatif sehingga pilihan E tepat.

Pilihan A tidak tepat karena tidak ada kalimat berupa kritikan penulis terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian.

Pilihan B tidak tepat karena penulis tidak menyatakan dukungannya terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian.

Pilihan C dan D tidak tepat karena penulis tidak memasukkan perspektif atau penilaian pribadinya terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian tersebut sehingga tidak bisa dikatakan subjektif atau objektif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan