Contoh Kalimat Pembukaan Ceramah yang Islami

JABAR EKSPRES – Banyak sambutan, pidato ataupun ceramah yang sangat menginspirasi, namun bila pembukaannya tidak menarik, maka audiens tidak akan mendapat kesan yang mendalam. Berikut ada beberapa kalimat pembukaan ceramah yang islami untuk bisa dijadikan contoh.

Kalimat pembuka ceramah seharusnya merupakan kalimat yang menarik, sehingga membuat audiens semakin penasaran dengan isi ceramahnya.

Bukan hanya itu, kalimat pembuka ceramah yang baik juga harus tersusun dengan rapi dan mudah dipahami.

Lebih bagus lagi bila kalimat pembuka ceramah ini mengandung doa-doa untuk semua audiens.

Untuk membuat kalimat pembuka ceramah yang terstruktur dengan baik, harus memenuhi beberapa unsur didalamnya yakni :

1. Salam pembuka
2. Penyampaiakan rasa syukur
3. Memperkenalan diri
4. menyampaikan tema yang akan dibawakan.

Setelah semua unsur terpenuhi, kamu tinggal mempersiapkan diri, agar saat
membacakan pembukaan dengan wajah tenang serta penuh senyum, jangan lupa gunakan bahasa tubuh dengan gerakan yang lembut.

Jangan lupa selalu membacakan doa, dan bila perlu memasukkan hadis yang sesuai dengan tema atau isi ceramah di saat pembukaan..

Berikut ada beberapa contoh kalimat pembukaan yang bisa digunakan untuk membuka ceramah, pidato maupun sambutan.

1. Kalimat pembukaan dengan sholawat

Assalamu’alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang membalas doa hamba-hamba-Nya, apabila kita berdoa dan mengingat-Nya.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadiran Allah Swt. yang mana telah mempertemukan kita dalam acara … dengan keadaan sehat wal afiat.

Selawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad saw. bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, muslimin dan muslimat, yang terdahulu juga yang akan datang.

2. Kalimat pembukaan dengan penuh rasa syukur

Assalamu’alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Segala puji hanya milik Allahhu Rabbi. Segala Zat yang Maha Ghafur, Zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur. Nikmat iman, nikmat Islam, sampai nikmat sehat walafiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang Insyaallah diberkahi Allah Swt.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan