Contoh Teks Ceramah Tarawih Terakhir Bulan Ramadhan Singkat

JABAR EKSPRES- Hari Raya Idul Fitri semakin terlihat jelas di depan mata, ada satu lagi ibadah yang tidak bisa dilewatkan oleh orang muslim adalah zakat fitrah. berikut ini contoh ceramah tarawih terakhir di bulan Ramadhan.

Ibadah shalat tarawih merupakan ibadah yang erat kaitannya dengan Ramadhan, biasanya pada kegiatan shalat tarawih, suka diadakan ceramah.

Bagi Anda yang ingin mencari referensi atau contoh ceramah terakhir di bulan Ramadhan, simaklah artikel ini. di karenakan pada artikel ini disajikan contoh ceramah terakhir di bulan Ramadhan.

Nah, contoh ceramah terakhir di bulan Ramadhan ini akan membahas tentang ibadah di bulan Ramadhan yang sudah tidak asing lagi dan wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu secara ekonomi yakni zakat fitrah.

langsung saja, berikut ini merupakan contoh khutbah mengenai zakat fitrah yang bisa dibawakaan saat malam terakhir Ramadhan.

Contoh Teks Ceramah Tarawih terakhir di bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabatku semuanya. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap jiwa baik laki-laki dan perempuan muslim selama bulan ramadan hingga menjelang salat Idul Fitri.

Zakat yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Dalam buku Fikih, Zakat, Sedekah dan Wakaf oleh Barkah dan Cahaya (2020: 53) ada penjelasan bahwa zakat fitrah berlangsung selama bulan ramadhan sebagai upaya mensucikan diri dari perbuatan dan ucapan yang tidak berguna.

Dengan demikian, saat tiba hari raya idul fitri tiba, umat muslim dapat kembali suci atau fitrah. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Alquran tentang zakat, yaitu:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat ayat 15-19).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan