Contoh Kalimat Pembukaan Ceramah yang Islami

Seandainya lautan yang ada di muka bumi ini, Allah jadikan sebagai tinta. Lalu, pepohonan-pepohonan Allah jadikan pena, dan dedaunan Allah jadikan kertas. Niscaya ia tidak akan cukup untuk menuliskan nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Selawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhirul zaman, seorang Nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah Swt. yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini. Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad saw.

Semoga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunah-sunahnya semoga mendapatkan syafaatnya.

 

3. Kalimat pembukaan dengan bahasa Arab

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hamdan lillahi sholatan wa salaman rasulullah wa’alaa alaihi ashhaabihi wa man waa laahu wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Amma ba’du.

Pertama mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT karena kebaikannya kita dapat berkumpul dalam acara ini.

Sekiranya kita semua dalam keadaan sehat dan semoga teman-teman senantiasa menjadi kebanggaan orang tua yang saleh.

 

4. Kalimat pembukaan dengan sholawat berbahasa Arab

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadaan ‘abduhu wa rasuluhu allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa’alaa aalihi wa ash’haabihi ajma’in. Amma ba’du.

Ayyuhal Haaruun ittaulloha faqod faazalmuttaquun.

Semoga kita semua dalam keadaan bersyukur dengan kebaikan penuh makna, sehingga kita dapat berkumpul dalam kesempatan mulia ini.

 

5. Kalimat pembuka mengguankan bahasa Arab 1

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
“Nahmaduhuu wa nasta’iinuhuu wa nastaghfiruhu wa na’uudzu billaahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyi’aati a’maalinaa. Man yahdihillahu falaa mudhillu lahu wa man yudhlilhu falaa hadiyalah. Allahumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii ajma’iin. Amma ba’du.“

Artinya: “Kami panjatkan segala puji pada-Nya dan kami meminta pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan meminta perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan dari kejelekan amaliahku. Barang siapa yang telah Allah tunjukkan jalan baginya, maka tiada yang bisa menyesatkannya. Barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah, limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad Saw. berserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan