Hari Pertama, Pendaftaran Bacalon DPRD dan DPD Jabar Masih Sepi

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Pendaftaran untuk bakal calon (bacalon) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat sudah dibuka Senin (1/5). Tetapi pendaftaran di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat masih sepi.

Pantauan Jabar Ekspres Senin (1/5) sore, kantor yang ada di Jalan Garut Kota Bandung tersebut masih sepi dari petugas partai politik peserta pemilu. Padahal KPU sudah mensiagakan petugas untuk penerimaan berkas pendaftaran.

KPU juga melengkapi dengan panggung konferensi pers yang bisa dimanfaatkan para perwakilan partai politik atau bacalon DPD. Bahkan pendaftaran itu juga telah siap ditayangkan langsung secara virtual.\

BACA JUGA : Cerita Mami-Mami Kreatif Momika Ecoprint Bandung, Hasilkan Motif Kain Alami dari Daun dan Bunga

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok mengungkapkan, hari pertama pendaftaran bacalon DPRD dan DPD di Jawa Barat masih sepi. “Belum ada yang datang (mendaftar.red),” terangnya kepada Jabar Ekspres.

Pendaftaran bacalon DPD dan DPRD Jabar ini akan berlangsung beberapa hari kedepan. Yakni hingga 14 Mei nanti. Untuk Senin – Sabtu waktu pendaftaran dibatasi hingga pukul 16.00 sedangkan untuk Minggu (14/5) nanti akan dibuka hingga pukul 23.59.

Berdasarkan Peraturan KPU No 10 tahun 2023, memang ada sejumlah berkas yang perlu dilengkpi oleh para bacalon. Di antaranya foto copy KTP Elektronik, foto copy ijazah, hingga surat keterangan sehat jasmani maupun rohani.

Berkas – berkas tersebut juga perlu diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

Sementara itu, kondisi serupa juga terjadi di KPU Kota Bandung. Pendaftaran bacalon DPRD Kota Bandung juga masih sepi di hari pertama. Masih belum ada partai politik yang mendaftarkan bacalonnya. “Belum ada yang daftar. Rencana baru ada tanggal 5,” jelasnya.(mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan