Masih Rawan! Ada 66 Kebakaran Terjadi di Kota Bandung Hingga Pertengahan April

JABAR EKSPRES – Ancaman kebakaran masih menghantui warga Kota Bandung. Berulang kali kebakaran terjadi di Kota Bandung dari awal tahun hingga pertengahan April 2023 ini.

Kasi Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Erwin mengungkapkan, data dari tim informasinya tercatat ada 66 kejadian kebakaran di Kota Bandung dari Januari hingga pertengahan April 2023 ini.”Termasuk banyak juga,” jelasnya kepada Jabar Ekspres.

Masih Rawan, Ada 66 Kebakaran Terjadi di Kota Bandung Hingga Pertengahan April(2)
Photo: Ilustrasi petugas Diskar PB sedang beraksi memadamkan api dan evakuasi. (Jabar Ekspres/Hendrik Muchlison)

Baca Juga: Cerita Narman, Zoo Keeper Bandung Zoo. Merawat Tapir Seperti Anak Sendiri

Erwin menambahkan, jika dirinci kebakaran banyak terjadi pada Januari. “Totalnya 27 kejadian selama sebulan,” cetusnya.

Kemudian untuk Februari ada 18 kejadian, Maret ada 11 kejadian. Sementara April hingga pertengahan bulan ada 10 kejadian.

Diharapkan masyarakat juga bisa lebih waspada. Khususnya dalam menjaga potensi kebakaran yang ada di rumah. Misalnya lupa mematikan kompor, kipas, dan korsleting listrik.

Baca Juga: Berpayung Regulasi Umum, Pemerintah Perlu Tertibkan Parkir Liar Sembari Susun Regulasi Teknis

Erwin menambahkan, selain dalam mengatasi kebakaran, petugas Diskar PB Kota Bandung juga aktif terlibat dalam operasi penyelamatan dan penanggulangan bencana. Misalnya, evakuasi sarang tawon, ular masuk rumah, hingga evakuasi cincin.

Tercatat ada 247 kali evakuasi hewan dari Januari hingga pertengahan April 2023 ini. Evakuasi hewan itu seperti sarang tawon, ataupun ular masuk rumah warga.

Kasi Pemeriksaan dan Pengawasan Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Gedung dan Kawasan. Elan Suparno menambahkan, ada beberapa langkah untuk mencegah hewan seperti ular masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Akses Sulit, Evakuasi Longsor Jalan Sangkuriang Hanya Bisa Manual

Iidah ular cukup peka dengan bau menyengat dan struktur yang kasar. Maka salah satu solusi pencegahannya adalah dengan memasang ijuk pohon aren di selah-selah pintu. “Itu bisa mencegah ular masuk,” jelasnya.(mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan