Gelar Pertemuan KIB, Golkar Tegaskan Belum Putuskan Capres untuk Pilpres 2024

Pertemuan KLB yang digelar pada Kamis, 27 April 2023 malam hari itu pun dihadiri oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Plt. Ketum PPP Muhammad Mardiono bertemu di kediaman Airlangga di Jakarta.

Tujuan digelarnya pertemuan KLB tersbeut yakni untuk membahas persoalan capres dan cawapres yang akan maju pada Pilpres 2024 nanti.

Sementara itu, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Hingga saat ini, Partai yang baru mengumumkan capres untuk Pilpres 2024 hanya PDIP, Partai yang diketuai oleh mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri tersebut menetapkan Ganjar Pranowo sebagai capres secara resmi pada Jumat, 21 April 2023 lalu.(*)

Tinggalkan Balasan