Joe Biden Akan Mencalonkan Kembali di Pilpres AS 2024, Biden VS Trump Lagi?

JABAR EKSPRES- Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah secara resmi meluncurkan kampanyenya untuk pemilihan kembali pada tahun 2024, menjadi calon terdepan dari Partai Demokrat dalam perlombaan yang dapat mengadu dia untuk kedua kalinya melawan calon dari Partai Republik Donald Trump.

Pengumuman Biden dalam sebuah video pada hari Selasa datang pada peringatan keempat dimulainya pencalonan presiden pertamanya yang berhasil.

Mayoritas Demokrat akan mendukung Biden, 80, melawan penantang dari Partai Republik dalam pemilihan tahun depan, sebuah jajak pendapat baru-baru ini menemukan .

Tetapi presiden dari Partai Demokrat menghadapi beberapa peringkat persetujuan terendah dari masa jabatannya sejauh ini, dan usianya – Biden saat ini adalah orang tertua yang pernah memegang jabatan tertinggi di AS – telah menimbulkan pertanyaan tentang prospek pemilihannya kembali.

Biden, yang akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua, mempertaruhkan pencapaian legislatifnya di masa jabatan pertamanya dan pengalaman lebih dari 50 tahun di Washington akan diperhitungkan lebih dari sekadar kekhawatiran atas usianya. Dia menghadapi jalan yang mulus untuk memenangkan nominasi partainya tanpa saingan Demokrat yang serius. Tapi dia masih siap berjuang keras untuk mempertahankan kursi kepresidenan di negara yang terpecah belah.

“Saya katakan kita sedang dalam pertempuran untuk jiwa Amerika, dan kita masih melakukannya,” kata Biden dalam video kampanyenya. “Pertanyaan yang kita hadapi adalah apakah di tahun-tahun mendatang kita memiliki lebih banyak kebebasan atau lebih sedikit kebebasan, lebih banyak hak atau lebih sedikit.”

Partai Republik bereaksi terhadap pengumuman Joe Biden dengan menyebut Demokrat “tidak dapat dihubungi”.

“Biden sangat tidak tersentuh sehingga setelah menciptakan krisis demi krisis, dia pikir dia pantas mendapatkan empat tahun lagi,” kata Komite Nasional Republik dalam sebuah pernyataan.

“Jika pemilih membiarkan Joe Biden ‘menyelesaikan pekerjaannya’, inflasi akan terus meroket, tingkat kejahatan akan meningkat, lebih banyak fentanil akan melintasi perbatasan terbuka kita, anak-anak akan terus tertinggal, dan keluarga Amerika akan menjadi lebih buruk,” katanya.

‘Ekstremis MAGA’

Beberapa hal telah menyatukan pemilih Demokrat sebanyak prospek Trump kembali berkuasa. Dan posisi politik Biden di dalam partainya menjadi stabil setelah Demokrat membukukan kinerja yang lebih kuat dari perkiraan dalam pemilihan paruh waktu tahun lalu. Dia berangkat untuk mencalonkan diri lagi dengan tema yang sama yang mendukung partainya dalam pemungutan suara November, terutama tentang mempertahankan akses ke aborsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan