Kapolri Mendapat Apresiasi Dari PBNU Terkait Rasa Aman Dan Nyaman Selama Mudik 2023

JABAR EKSPRESPengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan apresiasi kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Istyo Sigit beserta jajarannya yang telah memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pemudik selama lebaran 2023 ini.

Sekretaris Jendral (Sekjend) PBNU, Saifullah Yusuf mengatakan bahwasanya Kapolri dan jajarannya berhasil membuat mudik kali ini aman dan nyaman.

“Arus mudik tahun ini relatif lancar. Kami mengapresiasi kerja keras Pak Kapolri dan jajarannya karena telah mengantisipasi dan memberikan panduan yang baik bagi pemudik,” kata Saifullah Yusuf, Sekjend PBNU pada Minggu (23/4/2023).

BACA JUGA: 5 Rest Area Estetik Yang Patut Kamu Singgahi Saat Mudik

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu memberikan contoh bagaimana pihak kepolisian berulang kali melakukan antisipasi terhadap kemacetan dengan penjadwalan contraflow di jalan tol.

Lalu, jalur alternatif yang telah disusun oleh mereka dan menyosialisasikannya dengan baik kepada masyarakat sehingga kemacetan yang terjadi cepat terurai pada saat mudik lalu.

“Masyarakat telah well informed (terinformasi dengan baik), sehingga tahu kapan mereka harus mudik, jam berapa harus berangkat, dan sebagainya,” ujar Gus Ipul.

Seiring dengan keberhasilan ini, Sekjend PBNU tersebut optimis dengan kepolisian yang bisa melakukan hal yang sama untuk arus balik nantinya.

BACA JUGA: Cara Melihat CCTV Online Milik Pemerintah Biar Ga Kejebak Macet

Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat yang akan melakukan arus balik untuk mencari berbagai informasi seputar arus balik dari kepolisian untuk menghindari kemacetan. Lalu, perencanaan perjalanan menuju tanah rantau juga harus dimatangkan lagi.

“Sekarang bagaimana masyarakat mulai sadar merencanakan perjalanan khususnya untuk arus balik nanti. Carilah informasi terkini dari sumber resmi, termasuk dari Polri. Jadi, bisa tahu kapan sebaiknya melakukan perjalanan balik,” jelasnya.

Sekjend PBNU itu juga menambahkan, mudik kali ini merupakan mudik pertama setelah dicabutnya kebijakan PPKM dari pemerintah sehingga membuat jumlah pemudik menjadi lebih besar dibanding sebelumnya.

Berdasarkan catatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik di tahun 2023 ini mengalami peningkatan hingga 47 persen secara skala nasional dibanding tahun sebelumnya. Pihak mereka memproyeksikan jumlah pemudik di tahun ini mencapat 123,8 juta jiwa. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan