Danasone Obat Apa? Ternyata Ini Fungsi, Dosis Penggunaan Dan Efek Sampingnya

JABAR EKSPRES – Kamu pasti bertanya-tanya, danasone ini obat apa sih sebenarnya? Atau mungkin beberapa diantara kamu masih asing dengan namanya? Yuk, ikuti ulasan berikut biar kamu lebih tahu soal danasone ini.

Deskripsi

Danasone merupakan obat yang mengandung Dexamethasone. Dexamethasone adalah obat anti inflamasi (penghilang radang yang dikarenakan non-mikroorganisme) yang tergolong dalam kortikosteroid.

Obat ini berfungsi untuk mengurangi atau menekan proses peradangan dan alergi yang terjadi pada tubuh dengan menstabilkan membrane lisosom leukosit. Hal ini akan menyebabkan lepasnya hidrolase asam yang merusak leukosit.

Danasone sendiri digunakan untuk pereda peradagan dan reaksi alergi seperti gatal di kulit, asma bronkial, dermatitis, dan lain-lain.

Informasi Umum dan Penggunaan

Danasone obat apa? Danasone merupakan obat untuk penderita kelainan alergi seperti asma bronkial, rintis alergika, dermatosis gatal, psoriasis, urtikaria, hay vefer dan lainnya. Obat ini akan menekan radang yang berlebihan pada penyakit kolagen reumatik artritis, lupus, poliatrit, demam rematik, scleroderma, erimatosus deseminata, dan lain-lain.

Dosis dari obat ini sebagai berikut:

  • Dewasa: 0,5-10 mg per dosis terbagi.
  • Anak: (0-1 tahun: 0,1-0,25 mg); (1-5 tahun: 0,25-1 mg); (6-12 tahun: 0,25-2 mg) masing-masing 2x sehari.

Obat ini dikonsumsi setelah makan dan harus dalam petunjuk dokter.

Kontra Indikasi dan Efek Samping

Alasan untuk menggunakan obat ini adalah karena tukak lambung, diabetes melitus, herpes zoster, hipersensivitas, osteoporosis, sindroma cushing, infeksi jamur sistemik, galukoma, herpes simplex, dan penderita TBC aktif.

Obat ini dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan, hipertensi, edema, diabetes melitus laten, dan supresi sistem imun.

Nah, sekarang udah tahu kan Danasone itu obat apa? Jika kamu mengalami hal-hal di atas, kamu bisa mengonsumsi obat tersebut. Namun, harus dalam resep dokter ya. (*)

Dilansir: Halodoc

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan