Cegah Gembos Ban, Polresta Bandung Gencarkan Penyisiran Paku di Jalur Wisata

JABAR EKSPRES – Untuk mencegah gembos ban di jalanan, Polresta Bandung menggencarkan penyisiran paku dengan magnet di sekitar arah exit tol menuju arah wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Tak hanya paku, penyisiran ini sekaligus membersihkan juga beberapa benda tajam seperti potongan besi runcing yang bertebaran. Penyisiran ini dilakukan sejauh 30 kilometer dan juga untuk mengantisipasi adanya kecelakaan akibat gembos ban kepada para pemudik atau wisatawan.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo menuturkan, penyisiran ini dilakukan setiap pagi semenjak adanya operasi ketupat lodaya. “Setiap pagi kami menyisir jalan seputaran tol kemudian menuju tempat wisata memastikan bahwa jalanan terbebas dari adanya paku-paku yang dapat mengganggu perjalanan daripada pemudik,” ujar Kusworo saat ditemui, Minggu (23/4/2023).

Kusworo menambahkan, penyisiran paku ini menggunakan alat magnet sehingga petugas bisa menyeret alat tersebut dan paku pun langsung menempel dengan sendirinya.

BACA JUGA: Pulau Nusa Manona, Duplikat Wisata Danau Toba Di Bandung Selatan

Pihaknya pun tidak ingin jika nantinya ada kendaraan yang harus menepi akibat terkena paku hingga mengakibatkan kemacetan. “Hal ini mencegah adanya kendaraan pemudik yang menjadi target atau korban ban bocor karena adanya paku di jalanan,” ucapnya.

Dirinya pun akan terus melakukan penyisiran khususnya di H+1 dan H+2 lebaran ini, terlebih banyak masyarakat yang mulai berwisata terutama ke kawasan Ciwidey.

“Ini kami lakukan dari exit Tol Soroja sampai ke arah Ciwidey ini kami sisir dari pagi. Dan sore hari juga kami laksanakan,” ungkapnya.

Pihaknya pun masih menelusuri keberadaan paku dan benda tajam tersebut, apakah diduga ada unsur kesengajaan atau hanya terlepas dari rangka kendaraan.

“Keberadaan ratusan ranjau paku tersebut sangat membahayakan, apalagi saat ini ruas jalan di jalur wisata Bandung Selatan akan dipadati kendaraan,” pungkasnya. (mg4)

BACA JUGA: 30 Ribu Kendaraan Masuk Kawasan Puncak Bogor, Polisi Terapkan One Way

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan