Sumedang Jadi Akses Penghubung ke Wilayah Utara, Kapolres Antisipasi Titik Rawan Laka Lantas

JABAR EKSPRES – Arus mudik lebaran 2023, tengah jadi perhatian bagi setiap kalangan masyarakat. Sebab Idul Fitri tahun ini dijadikan sebagai momentum berkumpul bersama keluarga, usai terkendalinya pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan mengatakan, antisipasi kemacetan sudah disiagakan, bagi para pemudik yang melintasi wilayahnya.

Baca Juga: Besok, Jemaah Muhammadiyah Bandung Gelar Salat Idul Fitri 1444 H di Lapang Lodaya

“Titik rawan macet memang sudah menjadi rutin, apalagi Sumedang untuk tahun ada dua jalur utama bagi masyarakat yang melaksanakan mudik,” kata Indra, Kamis, 20 April 2023.

“Yang pertama jalur arteri, kemudian yang kedua jalur tol,” tambahnya.

Indra menerangkan, untuk titik rawan kemacetan ada di jalur Bandung menuju Tasikmalaya, yang merupakan jalur utama Selatan.

“Jalur utama Selatan itu dari Cileunyi sampai ke Nagreg, lanjut ke Garut dan sampai ke Tasikmalaya,” terangnya

Indra menjelaskan, Sumedang merupakan wilayah yang menjadi akses penghubung, dari Bandung menuju ke arah Utara, seperti Cirebon hingga Jawa Tengah, Pantura.

“Kemudian yang menjadi titik macet, memang saat ini di beberapa titik ruas wilayah Sumedang antara Cilelunyi hingga Nagreg, ada sejumlah titik macet,” jelasnya.

Indra berharap, untuk tahun ini potensi kemacetan tidak terjadi mengingat sudah aktifnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

“Mungkin tahun ini macet juga bisa berkurang, dengan adanya aktivitas pabrik yang memang sudah meliburkan sebagian dari pekerjanya,” ujar Kapolres.

“Seperti kita tahu juga, ada sejumlah pabrik besar ketika diprediksi puncak arus mudik, sudah meliburkan seluruh pekerjanya,” lanjut Indra.

Dia menuturkan, untuk daerah Kabupaten Sumedang sebagai akses penghubung Bandung ke wilayah Utara seperti Jawa Tengah, selain ada titik kemacetan perlu diwaspadai juga area rawan kecelakaan lalu lintas.

“Seperti di Cadas Pangeran, kemudian Sumedang kota, itu rawan kecelakaan. Maka kita sudah membagi dan menempatkan pos gatur di jalur tersebut,” tutur Indra

Diketahui, sebelumnya Kapolres sempat mengungkapkan, sebanyak 727 personil jajarannya disiagakan untuk menciptakan kondusifitas, menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) selama libur mudik lebaran 2023.

“Polres Sumedang pada pengamanan Idul Fitri tahun ini, menyiapkan 8 pos pengamanan, 2 pos pelayanan dan 1 pos terpadu,” ungkap Indra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan