5 Pelaku Spesialis Ganjal ATM Diringkus Polrestabes Bandung

JABAR EKSPERES – 5 orang tersangka spesialis ganjel ATM berhasil diamankan oleh jajaran k5 Pelaku Spesialis Ganjel ATM Diringkus kepolisian dari Polrestabes Bandung.

Spesialis ini melakukan aksinya di salah satu minimarket yang berlokasi di Komplek Batununggal, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung kidul, Kota Bandung, Minggu, 19 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Dua Pria Jadi Korban Keganasan Geng Motor di Bandung, Polisi Belum Berhasil Ungkap Pelaku


Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengungkapkan, modus yang dilakukan oleh para pelaku yakni, mengganjal mesin ATM dengan cara memasukan sebuah tusuk gigi kedalam lubang kartu.

“Disini ada 5 tersangka berinisial SA (39), HP (39), K (45), RP (26), J (40). Jadi modusnya, salah satu tersangka SA menaruh tusuk gigi dalam ATM yersebut, Kemudian Pada saat korban berinisial WAK (77) berusaha memasukkan ATM tersebut karena terganjal, lalu kompolotan pelaku langsung menawarkan diri untuk membantu, dan langsung menukar kartu ATM milik korban,” ungkapnya di Mapolrestabes Bandung, Kamis 20 April 2023.

Dari aksi yang dilakukannya, Budi mengatakan bahwa korban berinisial WAK (77) langsung mengalami kerugian sebesar Rp258 juta.

“Jadi yang dimasukan kedalam ATM itu milik pelaku. Dan pada saat masuk (kartu ATM nya), komplotan itu ngintip pin-nya tersebut, setelah itu pelaku keluar semua, lalu menguras ATM milik korban kurang lebih sebesar Rp 258 juta,” ucapnya

Dari hasil penyelidikan, Budi mengaku bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan sejumlah barang bukti termasuk 14 kartu ATM yang pernah menjadi korbannya.

“Tetapi berdasarkan pemeriksaan sudah banyak kartu ATM yang dibuang karena sudah dari tahun v2019 mereka beraksi, dan untuk TKP nya itu di seluruh Jabar ada, jadi ini kelas Jabar,” ungkapnya

Maka dari itu, Budi menuturkan bahwa pihaknya telah menjerat ke- 5 pelaku dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman paling lama 5 tahun kurungan penjara.

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan