Besok, Jemaah Muhammadiyah Bandung Gelar Salat Idul Fitri 1444 H di Lapang Lodaya

JABAR EKSPRES – Jamaah Muhammadiyah di seluruh Indonesia direncanakan akan melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah, Jum’at, 21 April 2023.

Di Kota Bandung sendiri, dari pantauan Jabar Ekspres di Lapang Softball Lodaya tepat didepan Masjid Raya Mujahidin, nampak sudah mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk melangsungkan salat Idul Fitri besok.

Menurut Sekretaris Badan Tamir Masjid Raya Mujahidin, Sani Sonjaya, bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H Jum’at besok berdasarkan hasil Fatwa Tarji Muhamadiyah.

Baca Juga: Antisipasi Pencurian, Polrestabes Bandung Minta Masyarakat Lapor Jika Rumah Kosong Ditinggal Mudik

“Terkait dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H, Masjid Raya Mujahidin insyaallah akan melaksanakan seusia dengan putusan fFtwa Tarji Muhammadiyah yaitu hari Jum’at tanggal 21 April 2023 (besok),” ucapnya saat ditemui di Masjid Raya Mujahidin, Jl. Sancang, Kota Bandung, Kamis 20 April 2023.

Adapun tempat pelaksanaannya, Sani menjelaskan bahwa pihaknya akan melangsungkannya di Lapangan Softball Lodaya tepat didepan Masjid Raya Mujahidin.

“insyaallah akan kita laksanakan di lapang softball Lodaya, Dan Alhamdulillah sedang dipersiapkan salah satunya cek sound, dan tadi pagi kita sudah menyiapkan jalur shaf, dan mungkin nanti malam kita akan mempersiapkan tambahan tempat terutama di Jalan Banteng,” ungkapnya

Sani mengaku, pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan ia menyebut, berdasarkan pengalamannya, akan ada kurang lebih 5000 jamaah yang melaksanakan sholat idul Fitri.

“Jadi berdasarkan pengalaman, itu kemungkinan kalau idul Fitri nya berbeda (salatnya) itu akan terjadi lonjakan jamaah. Jadi diperkirakan ada akan 5000 jamah. Karena untuk masjid saja 2000 (jamaah),” ujarnya

Sementara, untuk pelaksanaan salat nya sendiri Ia menuturkan akan dilangsungkan pada pukul 06.30 Wib.

Namun pihaknya, ucap Sani akan memberikan jangka waktu selama 15 menit bagi para jamaah yang masih dalam perjalanan.

“Kalau berdasarkan pengumuman yang kita buat, itu insyaallah pada pukul 06.30 Wib, tapi kita biasanya ada spare waktu 15 menit karena pengalaman kita kalau berbeda (pelaksanaannya dengan pemerintah), itu jamaah kadang ada yang parkir itu di UNLA (Jl. Karapitan) karena saking penuhnya. Tapi kalau sudah 06.46 Wib, itu mau tidak mau kita akan laksanakan saja,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan