Sejarah dan Arti Lirik Lagu Gam Gam Piri yang Viral Tentang Penindasan Yahudi Israel

JABAR EKSPRES – Saat ini, salah satu lagu yang sedang viral di TikTok adalah Gam Gam Piri. Beberapa video di platform tersebut menggunakan lagu tersebut sebagai backsound. Sebelum menggunakannya sebagai backsound jadag-jedug di TikTok, Anda perlu mengetahui sejarah dan arti lirik lagu Gam Gam Piri yang adalah sebuah lagu religi kaum Yahudi Israel.

Lagu ini berasal dari Israel dan merupakan lagu Yahudi, dengan versi lain yang juga populer yaitu Gam Gam Biara, sebuah lagu religi Yahudi.

Lagu Gam Gam Piri dipopulerkan oleh SMACK dan Marnik, dan memiliki makna yang dalam. Lagu ini ditulis oleh Elie Botbol dan bermakna tentang keyakinan orang Yahudi dan perjuangan mereka selama masa penindasan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Lagu Gam Gam Piri sebenarnya bernama Gam Gam Ki Elekh, yang berarti “Meskipun Saya Berjalan” dalam bahasa Ibrani.

Menurut Elie Botbol di YouTube, lagu ini terinspirasi dari ayat dalam Kitab Mazmur 23:4 dalam Alkitab Ibrani, yang terdiri dari 150 puisi atau lagu pujian dan doa. Shimada Alice II di YouTube juga mengatakan bahwa lagu Gam Gam Piri berasal dari kata Ibrani yang berarti “meskipun aku berjalan dalam lembah kekelaman”.

Lagu ini awalnya ditujukan untuk anak-anak Yahudi yang menjadi korban Holocaust selama Perang Dunia II. Saat ini, lagu Gam Gam Piri sering dinyanyikan dalam acara keagamaan Yahudi dan menjadi viral di TikTok.

BACA JUGA : Shoong! Ini Bocoran Lagu Lisa BLACKPINK dan Taeyang BIGBANG di Album Down to Earth

Lagu ini menceritakan tentang penderitaan anak-anak Yahudi selama masa penindasan Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Meskipun demikian, lagu Gam Gam Biara telah diaransemen dalam berbagai versi baru.

LIRIK LAGU GAM GAM GAM PIRI

Berikut adalah lirik lagu Gam Gam Piri yang sedang viral di TikTok.

Gam gam gam ki eleh

Be be Gey tzalmavet

Lo lo lo Eira Ra

Ki ata Imadi

 

Shivteha umishanteha

Hema yi nahamuni

 

Gam gam gam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan