Lafal Dzikir Saat Gerhana Matahari Hibrida 2023, Arab, Latin, dan Artinya

JABAR EKSPRES- Gerhana matahari hibrida merupakan salah satu fenomena astronomi langka yang jarang sekali terjadi. Sebagai umat muslim alangkah baiknya kita melaksanakan sholat gerhana dan berdoa kepada Allah SWT.

Gerhana Matahari ini adalah salah satu tanda keagungan Allah SWT. Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat gerhana matahari.

Amalan tersebut seperti sholat gerhana dan membaca doa serta dzikir kepada Allah SWT Sang Pencipta langit dan bumi.

Doa ini dihaturkan untuk mengingat kebesaran Allah SWT. Terlebih lagi gerhana matahari ini terjadi pada saat bulan Ramadhan.

Doa gerhana matahari juga diharapkan bisa perbuatan baik ddan bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Langsung saja, berikut ini merupakan doa gerhana matahari Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.

Dzikir saat Gerhana Matahari

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر

 

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

Artinya: Maha Suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allah lah Yang Maha Besar.

 

Pada tanggal 20 April 2023, akan terjadi fenomena langka yaitu gerhana matahari hibrida, yang menggabungkan gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin.

Gerhana ini akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, di mana beberapa wilayah akan mengalami gerhana matahari total dan beberapa wilayah lainnya akan mengalami gerhana matahari cincin.

Fenomena ini terdiri dari tiga fase, yaitu fase awal P1 yang dimulai pada pukul 08.34 WIB, fase umbra atau fase gelap yang dimulai pada pukul 09.36 WIB, dan fase terakhir yaitu P4 yang dimulai pada pukul 13.59 WIB. Waktu gerhana ini akan berbeda-beda di setiap wilayah.

Masyarakat yang berada di wilayah yang mengalami gerhana matahari diimbau untuk tidak melihat langsung peristiwa gerhana dengan mata telanjang, karena dapat membakar retina mata dan menyebabkan kebutaan.

Demikianlah informasi beserta doa dan dzikir ketika gerhana matahari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan