Link Streaming Gerhana Matahari Hibrida Resmi dari BMBKG

JABAR EKSPRES- Berikut ini merupakan link streaming gerhana matahari hibrida langsung dari BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika).

Hari ini tepatnya pada 20 April 2023, diperkirakan akan terjadi gerhana matahari total atau gerhana matahari hibrida.

Gerhana matahari ini akan terjadi di beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Berita ini telah tersebar di media sosial, termasuk akun Instagram resmi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

BRIN juga menyediakan link ini untuk masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari hibrida tersebut.

BRIN akan melakukan pengamatan gerhana matahari hibrida di kawasan Stasiun Lapangan Stasiun Bumi BRIN, Biak.

Link streaming gerhana matahari hibrida dapat diakses melalui akun Instagram resmi BRIN mulai pukul 10.00 WIB sampai 13.30 WIB.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyediakan fasilitas serupa berupa link streaming gerhana matahari hibrida.

BMKG memperkirakan bahwa jalur gerhana matahari hibrida ini hanya melewati wilayah timur Indonesia (Pulau Kisar ke utara hingga Biak), sementara gerhana matahari sebagian dapat disaksikan di hampir semua wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke bumi. Hal ini disebabkan oleh pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan yang dinamis, dan terjadi hanya pada saat fase bulan baru sehingga dapat diprediksi sebelumnya.

BMKG menghimbau untuk tidak memandang matahari secara langsung tanpa perlindungan mata jika ingin menyaksikan gerhana matahari secara langsung.

Jam munculnya gerhana matahari di Jawa Barat adalah pukul 10.43 WIB

Bagi kamu yang ingin menonton live streaming gerhana matahari hibrida, klik saja linknya DI SINI.

Tinggalkan Balasan