Hindari 6 Jenis Makanan saat Berbuka Puasa untuk Penderita Darah Tinggi

JABAR EKSPRES – Makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa bagi penderita darah tinggi, perlu dipahami terlebih dahulu tentang apa itu darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh terlalu tinggi. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung, ginjal, dan organ lainnya.

Makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Oleh karena itu, perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tekanan darahnya tetap terjaga dengan baik. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa bagi penderita darah tinggi.

Baca Juga: Merokok Selama Puasa dalam Islam Antara Kepatuhan dan Tantangan Spiritual

  • Makanan yang tinggi garam

Penderita darah tinggi sebaiknya menghindari makanan yang mengandung garam tinggi seperti kerupuk, mie instan, atau makanan kaleng. Garam dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

  • Makanan tinggi lemak jenuh

Kedua, makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah, mentega, keju, dan gorengan harus dihindari. Makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan memperburuk kondisi hipertensi.

  • Makanan yang tinggi kolesterol

Kemudian, makanan yang tinggi kolesterol seperti kuning telur, jeroan, dan makanan olahan harus dihindari. Kolesterol yang tinggi dapat memperburuk kondisi hipertensi.

Baca Juga: Menu Sahur Yang Sehat Apa Ya? Berikut Referensi Buat Sahur!

  • Makanan manis

Sementara itu, makanan manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda harus dihindari karena dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat memicu hipertensi.

  • Makanan cepat saji

Selanjutnya, makanan cepat saji seperti burger, pizza, dan nugget juga harus dihindari karena makanan ini umumnya tinggi garam, lemak jenuh, dan kolesterol.

  • Makanan olahan

Dan juga makanan olahan seperti sosis, bakso, dan nugget harus dihindari karena umumnya mengandung bahan pengawet dan garam yang tinggi.

Sebagai gantinya, kalian dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah garam seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan ikan. Penderita darah tinggi juga sebaiknya menghindari makanan yang diproses dan memilih makanan segar dan alami.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan