Merokok Selama Puasa dalam Islam: Antara Kepatuhan dan Tantangan Spiritual

JABAR EKSPRES – Bagi umat muslim puasa merupakan hal penting. Suatu ibadah penting untuk umat beragama islam di seluruh penjuru dunia. Merokok merupakan hal kebiasaan yang menjadi utama dari seorang perokok.

Merokok pun salah satu masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke, dan penyakit jantung. Bagi seorang perokok pun menjadi salah satu yang sulit untuk menjalankan ibadah puasa.

Kemudian selama bulan Ramadan atau puasa, umat muslim menjalankan dengan menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun merokok merupakan kegiatan yang masih bingung di mata masyarakat apakah kegiatan tersebut boleh saat tengah menjalankan ibadah puasa.

Sebagian orang mungkin merasa jika tidak merokok mereka akan kurang berkonsentrasi dan kurang fokus. Selain itu mereka merasa mudah lelah dan juga tidak nyaman sehingga sulit bagi mereka untuk menahan saat melaksanakan ibadah yang penting bagi umat muslim.

Menunaikan ibadah puasa dalam islam merupakan untuk membersihkan jiwa dan meningkatkan kesadaran manusia terhadap Allah SWT. Tujuannya untuk membantu orang dalam spiritual, moral, dan sosial mereka. Dan juga bermaksud membantu orang yang mengalami kelaparan dan haus sehingga dapat memahami perasaan orang yang kurang mampu. Tidak hanya itu kita dapat mempertajam rasa empati kepada mereka.

Kitab suci bagi umat islam yaitu Al-Qur’an. Atau hadis-hadis yang berkaitan dengan puasa melarang kita atau tidak bagi mereka yang ingin merokok saat menjalankan ibadah puasa. Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hal tersebut karena tidak ada keterangan secara terperinci. Dengan begitu para ulama menyepakati bahwa kegiatan tersebut saat menjalankan puasa bersifat makruh atau tidak dianjurkan namun diperbolehkan tergantung masing-masing orang.

Meskipun merokok tidak ada larangan dalam Al-Quran atau hadis, namun, banyak ulama sepakat bahwa kegiatan tersebut bertentangan dengan tujuan puasa dalam Islam. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari selama menjalankan ibadah puasa. Jika seseorang tidak bisa menahan diri dari merokok selama puasa, maka mereka dapat mempertimbangkan untuk berhenti merokok selama bulan ramadan sebagai bagian dari usaha mereka untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan