KPK Jelaskan Kronologis Kasus Korupsi Wali Kota Bandung sampai Kena OTT

BANDUNGKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan Operasi Tangkat Tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bandung Yana Mulyana atas dugaan penerimaan suap dari Proyek pengadaan Barang dan Jasa CCTV dan Internet Service Provider (CCTV).

Wakil Ketua KPK Nurul Gufron mengatakan, ketika Yana Mulyana sudah dilantik menjadi Wali Kota, Yana Mulyana berkeinginan adanya penambahan CCTV dan Pelayanan Jasa Internet ISP.

Penyedia layanan CCTV dan Internet ISP adalah PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Dengan Direktur bernama Benny dan Andreas Guntoro (AG) sebagai manejer.

‘’Selain itu rekanan perusahaan lainnya yang menggarap proyek itu adalah PT CIFO dengan Sony Setiadi menjabat sebagai CEO,’’ ujar Gufron dalam keterangan persnya, Senin (16/4).

Menurutnya, pada Agustus 2022 atas sepengetahuan BN bersama SS, AG menemui Yana Muyana di Pendopo Wali Kota Bandung dengan maksud agar bisa mengerjakan proyek CCTV pada Dinas Perhubungan dan Dinas Kommunikasi dan Informatika (Dikominfo).

Pertemuan tersebut difasilitasi KR selaku Sekretaris dinas Perhubungan. Kemudian sekitar Desember 2022,  kembali diadakan pertemuan antara Saudara SS, KR dan YM di rumah dinasi Wali Kota (Pendopo).

‘’Pada pertemuan itu ada pemberian sejumlah uang yang dilakukan CEO PT CIFO (SS) kepada YM dengan dijadikan pengkondisian,’’ ucapnya.

PT CIFO dijadikan sebagai pelaksana pengadaan ISP di Dishub Pemkot Bandung. Meski begitu, keiikutsertaan PT CIFO dalam proyek tersebut masuk ke dalam  aplikasi E-Katalog.

‘’Jadi sesungguhnya pengadaannya sudah menggunakan E-Katalog,’’ cetus Gufron.

Setelah pertemuan itu, diduga SS juga memberikan uang kepada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Dadang Darmawan (DD) dan Khairul Rizal (KR) yang merupakan Sekretaris Dinas Perhubungan.

Yana Mulyana juga diduga kembali menerima uang yang berasal dari SS melalui   RH yang merupakan ajudan Yana Mulyana.

‘’Setelah DD dan YM menerima uang KR menginformasikan kepada RH dengan mengatakan Every Body Happy,’’ ujarnya.

Atas pemberian uang tersebut PT CIFO dinyatakan sebagai pemenang proyek penyediaan jasa internet ISP di Dishub Kota Bandung dengan nilai 2,5 miliar.

Pada Januari 2023 YM bersama keluarga beserta DD dan KR menerima fasilitas liburan ke Thailand dengan menggunakan angaran miik PT SMA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan